Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad menghadiri kegiatan launching Desa Tambak Bitin menjadi Kampung Tangguh Banua, dan Apel kesiapan pasukan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di Halaman Kantor Kecamatan Daha Utara.

Kapolres HSS AKBP Siswoyo, di Kandangan, Selasa (23/6), mengatakan Desa Tambak Bitin merupakan Kampung Tangguh Banua kedua yang dilaunching, setelah Desa Tibung Raya, Kecamatan Kandangan pada tanggal 14 Juni 2020 lalu.

"Kampung Tangguh Banua adalah sebuah project colaborative dengan stakeholder yang berupa gerakan atau aksi nyata di daerah, yang ditunjukkan karena masih adanya penyebaran COVID-19," katanya, dalam sambutan.
 

Launching Desa Tambak Bitin Daha Utara jadi Kampung Tangguh Banua (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Konfirmasi positif COVID-19 HSS jadi 60, kesembuhan meningkat jadi 10

Dijelaskan dia, Kampung tangguh banua menitik beratkan kepada keterlibatan atau partisipasi elemen masyarakat,  agar aktif dalam pelaksanaannya dengan pendampingan khusus yang terorganisir dan fokus.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, mengatakan dengan dilaunchingnya Kampung Tangguh Banua dapat menjadi solusi pencegahan dari penyebaran COVID-19.

Pihaknya berharap dari masyarakat sendiri yang bangkit untuk memerangi penyebaran COVID-19, karena selama ini dari pemerintah sudah mengedukasi, mengkoordinasi dan menginformasi dan sekarang dari masyarakat sendiri, melalui konsep oleh masyarakat untuk masyarakat.
 

Peninjauan sarana prasarana Kampung Tangguh Banua 
Desa Tambak Bitin (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Miliki mesin TCM, RSUD Kandangan lebih cepat dapatkan hasil Swab

Camat Daha Utara Taufiqurrahman, mengatakan bahwa kegiatan Launching Kampung Tangguh Banua digagas Polsek Daha Utara, pada intinya kegiatan hari ini menunjukkan bahwa satu desa dari Daha Utara, yakni Desa Tambak Bitin bisa menjadi pilot projek atau contoh bagi desa yang lain.

"Bagaimana ketangguhan kita dalam menghadapi COVID-19 ini, baik dalam keamanan kemudian sisi perekonomian dan sisi pembangunan masyarakat, bagaimana masyarakat bisa bertahan dalam pandemi, terutama kesadaran masyarakat yang perlu kita tekankan,” katanya.

Turut hadir, Anggota DPRD HSS H Husnan, Wakapolres HSS Reinaldo, Perwakilan Dandim 1003 Kandangan, Sekretaris Dinas Kesehatan, BNPB, Dinas Sosial, Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa se Daha Utara, BPK, dan Para Relawan masyarakat Daha Utara.

Launching Desa Tambak Bitin Daha Utara jadi Kampung Tangguh Banua (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020