Dandim 1003 Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, menyampaikan dalam penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2020, TNI dan Polri tidak  hanya akan mendukung tapi menjadi garda terdepan, saat berhadir dalam apel siaga karhutla PT Surya Langgeng Sejahtera (SLS).

Ia mengatakan, apabila dalam tahun 2019 lalu dievaluasi dalam penanggulangan karhutla masih ada yang kurang, maka tahun ini akan diperbaiki bersama sehingga di tahun 2020 penanggulangannya berjalan dengan lancar, aman, terkontrol dan berhasil.

"Kita optimis dan yakin mampu untuk bisa mengatasi karhutla di HSS, dan dengan adanya dasar-dasar hukum dalam penangangan karhutla, maka bagi yang di lapangan tidak usah ragu dan takut melaporkan kepada pihak yang berwajib dan berwenang, apabila ada hal-hal di luar kemampuan segera dilaporkan," katanya.

Baca juga: Kunjungan Danrem 101 Antasari tingkatkan sinergisitas penanganan COVID-19 HSS

Menurut dia, berdasarkan hasil evaluasi tahun 2019 lalu akan dijadikan bahan perbaikan, karena memang tentu tidak ada yang sempurna apalagi dalam masalah penanganan karhutla.

Namun demikian, dari paparan Adminstratur PT SLS Sugito, ia telah melihat kesiapan alat peralatan dan personil yang hadir, jadi makin optimis dan yakin untuk mampu tangani karhutla di Kabupaten HSS.

Tetap harus optimis dan bersemangat dalam meperbaiki hal-hal yang kurang hasil evalusi tahun 2019 dan akan diperbaiki tahun 2020, apalagi sesuai paparan PT SLS baik alat dan personila sudah sangat siap.

Baca juga: Peduli warga terdampak COVID-19, Kodim Kandangan salurkan 1.000 paket beras

"Mungkin strategi yang masih perlu dimantangkan dan perlu bersinergi dengan unsur terkait, jauh-jauh pun sudah kita siapkan penanggulangan karhuta, termasuk kemarin dengan apel kesiapsiagaan karhuta di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan," katanya, Jum'at (19/6).

Menurut dia, di situ dapat dilihat seluruh jajaran sudah siap menghadapi kahutla 2020, ditambah dengan kesiapan PT SLS yang sudah sangat memadai tinggal pelaksanaan agar lebih bersinergi, penuh kekompakan dalam komunikasi yang lebih lancar.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020