Masyarakat Kota Banjarbaru diimbau menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) guna mencegah diri sendiri, anggota keluarga maupun orang lain tertular Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Imbauan itu disampaikan anggota DPRD Banjarbaru M Subakhi, Sabtu saat dimintai komentarnya mengenai langkah yang dilakukan setiap orang agar terhindar dari infeksi virus yang mematikan tersebut. 

"Cara mencegah penularan COVID-19 lewat PHBS dalam setiap aktivitas mulai dari memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun yang efektif mematikan virus apabila menempel di badan," ujarnya. 

Menurut politisi PPP itu, PHBS harus menjadi kebiasaan sehari-hari meski pun pandemi COVID-19 belum berakhir sehingga kesehatan tubuh selalu terjaga dan terhindar baik dari virus maupun zat pembawa penyakit lain. 

Diharapkan, masyarakat Banjarbaru selalu menjalankan pola hidup bersih yang sudah ditetapkan jadi protokol kesehatan dan berlaku dimana pun agar bebas dari berbagai penyakit. 

"Intinya harus menjaga kesehatan diri sendiri dan berupaya mencegah dari penyakit melalui pola hidup bersih dan sehat yang sudah menjadi protokol kesehatan dimana pun," ungkapnya. 

Ditambahkan, selain kesadaran setiap individu menjaga kesehatan, peran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Banjarbaru juga harus terus ditingkatkan terutama sosialisasi di tengah masyarakat. 

"Sosialisasi harus ditingkatkan, bukan hanya acara seremonial tetapi turun langsung ke lapangan seperti pasar dan keramaian sehingga mengetahui masyarakat menjalankan protokol kesehatan atau tidak," pesannya.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020