Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Kalimantan Selatan terus membantu pelaksanaan tes usap massal di Kota Banjarmasin, dimana kasus penambahan COVID-19 meningkat signifikan.

"Kami harapkan adanya swab test dapat memetakan klaster penyebaran virus corona di kota ini yang sudah merata hampir di seluruh kecamatan," terang 
Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr Erwinn Zainul Hakim.

Armada ambulan "Mobile Rapid and Swab Test COVID-19" milik Bid Dokkes pun selalu difungsikan dalam setiap pelaksanaan baik tes cepat maupun tes usap.

Seperti pada Sabtu (13/6) lalu, petugas kesehatan Polda Kalsel dikerahkan secara penuh saat tes usap massal sebanyak 750 orang di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Jalan  Pramuka Tirta Dharma.

Mereka yang dites yaitu pada hasil tes cepat sebelumnya dinyatakan reaktif serta pernah kontak dengan pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19.
Personel Bid Dokkes Polda Kalsel melaksanakan tes usap COVID-19 terhadap ratusan warga di Banjarmasin. (ANTARAKALSEL/Firman)


Erwinn menyatakan, tes usap yang mereka laksanakan menjadi bagian dari kegiatan bhakti kesehatan Polri dalam upaya membantu percepatan penanggulangan virus corona.

Kemudian pihaknya juga merencanakan "swab massal drive thru" dalam rangka Bakti Kesehatan 1 Juli atau memperingati Hari Bhayangkara tahun 2020.

Total kasus COVID-19 di Kalsel pertanggal 15 Juni 2020 mencapai 1.953 orang dengan rincian 1.569 dalam perawatan, 253 sembuh dan 131 orang meninggal dunia. Khusus di Banjarmasin ada 735 orang dalam perawatan, 50 orang sembuh dan 97 orang meninggal dunia.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020