Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan Video Conference (Vidcon), untuk mendengarkan hasil audit berupa exit briefing dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Kalimantan Selatan (Kalsel).

Bupati HSS H. Achmad Fikry, di Kandangan, Jum'at (29/5), mengucapkan terima kasih kepada tim BPK RI Perwakilan Kalsel yang telah melaksanakan pemeriksaan atau audit di Kabupaten HSS, meskipun saat ini masih dalam masa penanganan dan pencegahan wabah Corona.

"Meskipun pemeriksaan yang dilaksanakan tim BPK RI dilakukan disaat sekarang ini, kami berharap hal itu tidak mengurangi arti dari proses audit yang dlakukan tim tersebut di Kabupaten HSS," katanya, yang didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Sekda HSS HM Noor.

Dijelaskan dia, dari hasil audit yang dilaksanakan oleh tim BPK RI Perwakilan Kalsel di HSS, ke depan pihaknya akan terus mencermati beberapa hal yang masih ditemukan dan perlu perbaikan, yang mana kemudian akan sesegeranya diambil langkah-langkah strategis untuk diselesaikan.

Baca juga: BPK-RI minta pemerintah kabupaten di Kalsel tingkatkan kemandirian fiskal

Jajaran Pemkab HSS beberapa minggu yang lewat sudah mengevaluasi beberapa Peraturan Daerah (Perda) terkait dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan ternyata perda-perda tersebut ternyata banyak dari tahun-tahun yang lama semua.

Ini berpotensi untuk bisa dilakukan perbaikan dan penyempurnaan sesuai dengan keadaan yang sekarang ini, sementara disisi lain, bagian dari penanganan COVID-19 ini, justru Pemkab HSS melakukan kebijakan yang mengurangi penerimaan pendapatan.

“Pungutan dan Retribusi Pedangan Kaki Lima (PKL) kita bebaskan, tarif sewa toko juga kita turunkan sementara ini, untuk membantu agar roda ekonomi rakyat di HSS tetap bisa berjalan,” katanya.

Kepala BPK RI perwakilan Kalsel Tornanda Syaifullah, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi dengan hasil kerja Pemkab HSS yang sebelumnya telah memperoleh enam kali Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Baca juga: BPK RI puji Bupati HSS dan jajaran tindak lanjuti hasil pemeriksaan sesuai sasaran

Menurut dia, hasil audit yang dilakukan di HSS dirasakan sudah sempurna, hal itu terbukti dengan diraihnya enam kali WTP, tapi masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dan mengajak bersama-sama memperbaiki beberapa hal yang dirasa perlu.

"Kami yakin akan komitmen Pemkab HSS yang tinggi dalam menindaklanjuti hasil pemeriksaan ini, Bupati HSS beserta jajarannya pasti bisa bisa menyelesaikan dan menindak lanjuti berbagai saran dan masukkan yang kami sampaikan tadi,”katanya.

Mengingat ekonomi yang sedang melemah karena pandemi COVID-19, ia menyarankan kepada Pemkab HSS untuk memulai kemandirian fiskal yakni dengan mencari keunggulan daerah, untuk meningkatkan PAD.

Semua pemerintah daerah sudah tidak bisa lagi hanya mengandalkan 100 persen dari bagi hasil penerimaan-penerimaan negara, apalagi saat ini ekonomi melemah, sehingga penerimaan negara seperti pajak sangat tajam penurunannya dan ini tentunya juga ikut mempengaruhi bagi hasil yang disampaikan ke daerah.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020