Meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan di Banua Enam, PLN Cabang Barabai  akan meluncurkan program rekening pra bayar.
 
Asisten Manajer Sumber Daya Manusia dan Administrasi PLN Cabang Barabai Nanang Tribuana PLN Cabang Barabai Sabtu mengatakan proses sosialisasi migrasi atau perpindahan pola pembayaran rekening dari pasca bayar  menjadi pra bayar dilaksanakan secara bertahap dimulai dari migrasi oleh karyawan PLN sendiri, tenaga outsourching, rekanan dan asosiasi PLN baru ke masyarakat.

“Akan banyak keuntungan dan kemudahan yang didapat oleh masyarakat,  beberapa daerah seperti di  Jawa dan Banjarmasin serta banyak daerah lain telah melaksanakan sistem ini,” kata Nanang.

Menurut dia, rekening prabayar sistem digital mirip dengan voucher pulsa yang dapat dibeli di banyak tempat seperti ATM, Bank, Kantor Pos  dan  loket-loket penjualan voucher setrum ini.

Adapun ciri apabila setrum akan habis, tambah dia,.  terlihat dari sisa energi 20 kwh dan lampunya berkedap kedip, keuntungan pra bayar pelanggan akan lebih mudah mengatur penggunaan dan efesiensi energi  dan biaya, bila tidak dipakai tidak bayar artinya tidak ada biaya bebann.

Kedepannya semua pasang baru akan digunakan rekening pra bayar dengan daya mulai 1.300 keatas, begitu pun bulan mei 2011 direncanakan akan ada 2 juta sambungan baru.
 
Saat ini PLN Cabang Barabai telah melayani 239.688 pelanggan seluruh benua enam, yang direncanakan juga dapat bermigrasi ke prabayar.

“Keuntungan lain dari prabayar ini  adalah pelanggan tidak merasa dikejar-kejar tagihan, efesien dan pelanggan dapat membeli voucher sesuai kebutuhan dan kemampuannya," katanya.

Selain itu pelanggan tidak perlu repot-repot menerima kunjungan Petugas PLN setiap waktu untuk mencatat meteran dan menghindari tunggakan pembayaran rekening listrik.

Asisten Manajer Niaga dan Pelayanan Pelanggan Syamsunor  mengatakan sosialisasi migrasi pasca bayar menjadi prabayar ini dilaksanakan bekerja sama dengan YLPK Banjarmasin dan Stasiun Media Elektronik Daerah.

“Untuk Jadwal sosialisasi tanggal 4 Maret di Kandangan, 5 Maret di Rantau dan  6 Maret di Barabai direncanakan bertempat di Pantai Hambawang dilanjutkan di Balangan, Tanjung dan Amuntai,” Kata Syamsunor.

Teredapat 3 paket layanan yang bakal disosialisasikan  yaitu memperbanyak loket dan lokasi pembayaran  untuk memudahkan pelanggan membayar rekeningnya setiap waktu sebelum tanggal jatuh tempo, layanan gratis tambah daya dan migrasi rekening prabayar. (fat/B)

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011