Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry, mengarahkan  setiap desa di Kabupaten HSS memiliki rumah singgah atau karantina mandiri masing-masing, agar dapat memantau dan mengisolasi masyarakat yang datang dari luar.

Ia mengatakan, ini sebagai upaya untuk mencegah penularan COVID-19, penanganan ini bagi warga yang kembali dari perantauan juga agar bisa memberi kenyamanan bagi warga yang lain, sesuai standarisasi protokoler kesehatan dari pemerintah harus tetap dilakukan.

"Kepada camat dan kepala desa untuk semua agar tiap-tiap desa dapat mengaktifkan Posko Desa Siaga Covid-19, di mana salah satu tugasnya adalah mengawasi dan mendata warga yang datang," katanya, dalam Vidcon dengan para camat dan kepala desa, di ruang Media Center. Kamis (23/04).

Baca juga: Hasil tes swab satu PDP HSS negatif, dua PDP rujukan HST juga negatif

Dijelaskan dia, kegiatan ini juga terkait penyesuaian dana desa dengan kebijakan pemerintah pusat dan penanganan pencegahan COVID-19, diantaranya penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan penyesuaian Dana Desa dengan kebijakan Pemerintah Pusat Tahun Anggaran 2020.

Hal ini dilakukan untuk percepatan penanganan COVID-19 yang ada di kabupaten HSS, mengingat berdampak dari segi kesehatan maupun perekonomian masyarakat Kabupaten HSS.

Semua kecamatan dan desa di HSS menyatakan pada prinsipnya siap mendukung pemerintah dalam penanganan pencegahan COVID-19, dan penyaluran bantuan nantinya akan diberikan kepada warga yang benar-benar membutuhkan akibat dampak pandemi ini.

Baca juga: Bupati HSS semangati tenaga medis penanganan kasus COVID-19

Mengenai bantuan bagi warga yang terdampak COVID-19, segera ditindaklanjuti sesuai instruksi dari pemerintah pusat dengan menyesuaikan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa(APBDes).

Semua Camat juga melaporkan kesiapan standarisasi protokol kesehatan yang telah ditetapkan, juga melaporkan tentang kesiapan tempat karantina (isolasi mandiri) Kecamatan dan desa untuk warga yang baru kembali dari perantauan.

Turut hadir,  Sekretaris Daerah HSS Muhammad Noor, Kepala Dinas Kesehatan Hj Siti Zainab, Kepala Dinas Sosial Nordiansyah, Plt Kepala Dinas PMD Subagyo, Plt Kepala Badan Keuangan Daerah H. Nanang F.M.N.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020