Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalimantan Selatan  bersama Forum Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Sektor Pertambangan Minerba Kalsel dan Forum Kepala Teknik Tambang Kalsel memberikan berbagai macam bantuan untuk penanggulangan pandemi COVID-19 di Kabupaten Tanah Laut.

Bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Kepala Dinas ESDM Kalsel Isharwanto kepada Bupati Tanah Laut H Sukamta, di halaman Kantor Bupati Tanah Laut, Rabu (22/4).

Bantuan yang diberikan berupa fasilitas cuci tangan lengkap dengan tandon atau penampungan air sebanyak empat buah, alat pelindung diri (APD) untuk tenaga  medis sebanyak 200 buah dan bantuan paket sembako sebanyak 300 buah.

Kepala Dinas ESDM Kalsel Isharwanto mengungkapkan, bantuan tersebut merupakan hasil kerjasama dari Dinas ESDM Kalsel, Forum Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Sektor Pertambangan Minerba Kalsel dan Forum Kepala Teknik Tambang Kalsel, guna mendukung penanggulangan COVI-19, khususnya di zona merah seperti Kabupaten Tanah Laut.

"Tadi kami serahkan empat buah tempat cuci tangan, 200 APD dan 300 paket sembako. Untuk paket sembako akan kita bagikan di Desa Sumber Makmur Kecamatan Takisung nanti kita koordinasikan ke camat dan kepala desa sana," ujarnya.

Isharwanto berharap, agar bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi Kabupaten Tala dalam penanganan wabah virus corona.

"Semoga bermanfaat karena kita tahu sendiri APD ini sangat dibutuhkan oleh para petugas medis di rumah sakit dan sarana cuci tangan ini dibutuhkan oleh masyarakat," terangnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Laut H Sukamta mengucapkan terimakasih kepada Dinas ESDM Kalsel , Forum Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Sektor Pertambangan Minerba Kalsel dan  dan Forum Kepala Teknik Tambang Kalsel atas bantuan yang telah diberikan untuk Kabupaten Tanah Laut.

"Kami sejauh ini telah bekerja keras menanggulangi COVID-19 di Bumi Tuntung Pandang ini, dengan adanya bantuan  ini seperti stimulus bagi kami, APD sangat dibutuhkan oleh paramedis, fasilitas cuci tangan nanti akan kita tempatkan di Pasar Tapandang karena disana masih sangat minim fasilitas cuci tangan," jelas Sukamta.

Sukamta juga mengucapkan terimakasih dengan adanya bantuan sebanyak 300 paket sembako bagi masyarakat kurang mampu terdampak COVID-19.

"Alhamdulillah masyarakat kita dibantu dengan bantuan sembako, karena pandemi virus corona ini bukan cuma berdampak pada sisi kesehatan tetapi juga pada sosial dan ekonomi, pendapatan masyarakat kita jauh merosot khususnya masyarakat kalangan bawah. Bantuan ini pasti sangat berharga bagi mereka,”tandasnya.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020