Pasien dengan kode HB -02 BL asal Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, di pulangkan usai menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hadji Boejasin Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut.

Suasana haru bercampur bahagia mengiringi pemulangan pasien COVID-19 dengan kode HB -02 BL tersebut yang telah dinyatakan sembuh dari virus corona.

Berdasarkan hasil Swab Test atau uji laboratorium (tes yang dilakukan dengan keakuratan tinggi) HB -02 BL telah dinyatakan negatif COVID-19.

Kepulangan HB-02 BL sendiri langsung dilepas oleh Bupati Tanah Laut, H Sukamta, dan dijemput langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Erwan Karya Mega Latif di Halaman RSUD H Boejasin Pelaihari, Kelurahan Sarang Halang, Senin (20/4).

Terlihat para petugas medis ruang isolasi COVID-19 berdiri berjajar menyambut keluarnya HB -02 BL dari ruang isolasi menggunakan kursi roda yang didorong oleh salah satu petugas medis berpakaian Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

Bahkan pasien yang berusia 60 tahun tersebut pun langsung mendapatkan tepuk tangan dari para petugas medis dan jajaran RSUD H Boejasin.

Pasien HB -02 BL tak kuasa menahan tangis, sambil menadahkan tangan ia tak henti-hentinya berdoa sembari mengucapkan syukur.

Bupati Tanah Laut, H Sukamta mengaku sangat bersyukur karena salah satu pasien positif virus corona di RSUD H Boejasin dapat sembuh. Ia pun mengapresiasi kinerja dan usaha dari petugas medis dan jajaran RSUD H Boejasin yang telah memberikan perawatan terbaik untuk pasien tersebut.

"Kita berikan apresiasi setinggi-tingginya atas kinerja dari seluruh petugas medis dan jajaran RSUD ini, yang telah menyelamatkan nyawa seseorang, kalian telah berjuang keras menyelamatkan para pasien. Semoga keyakinan kita semakin kuat demi kesembuhan pasien yang lainnya" ujar Sukamta.

Sukamta pun mengingatkan bahwa pengidap COVID-19 bukanlah aib, jangan dijauhi atau dikucilkan, justru menurutnya orang-orang yang terpapar virus corona harus dibantu dan didukung secara gotong royong di masyarakat.

"Penyakit ini bisa sembuh, orang yang terpapar COVID-19 ini harus kita bantu, keluarganya pun kita bantu secara gotong royong untuk menunjang kehidupan mereka," ucap Sukamta.

Ia menambahkan bahwa saat ini masih ada dua pasien positif virus corona di RSUD H Boejasin dengan kode HB -01 TB dan HB -03 TB yang masih menjalani perawatan.

"Saya ingin kita berdoa bersama-sama untuk kesembuhan dua pasien tersebut, semoga bisa menyusul pasien dari Kabupaten Balangan ini yang bisa sembuh dan kembali kepada keluarga dan masyarakat di daerah asalnya," harap Sukamta.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Balangan Erwan Karya Mega Latif mengatakan bahwa, ia mewakili Bupati Balangan, H Ansharuddin serta seluruh masyarakat Kabupaten Balangan, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Laut serta para petugas di RSUD H Boejasin, karena telah merawat dan melayani warga Balangan yang positif COVID-19 sampai dengan sembuh.

"Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah setempat dan petugas medis serta jajaran RSUD H Boejasin karena telah menerima sekaligus merawat pasien kami sampai dengan sembuh," ujar Erwan.

Erwan juga menambahkan bahwa pihaknya akan mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa pasien yang telah sembuh dari Covid-19 agar bisa diterima kembali di masyarakat.

"Kita akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pasien yang sudah sembuh dari COVID-19 sudah tidak menularkan virus corona lagi dan bisa kembali diterima di masyaraka," jelasnya.

Namun jelas Erwan, terkait pasien HB -02 BL akan menjalani proses penstabilan kondisi kesehatan terlebih dahulu dibawah pengawasan Dinas Kesehatan Balangan.

Pada pelepasan pasien COVID-19 yang telah sembuh tersebut turut berhadir Dandim 1009 Pelaihari, Letkol Inf Adi Yoga Susetyo, Kapolres Tala, AKBP Cuncun Kurniadi, Kepala Dinas Kesehatan Tala, Hj Nina Sandra dan Direktur RSUD H Boejasin dr Isna Farida.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020