Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penangangan COVID-19 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), dokter Siti Zainab, menyampaikan imbauan kepada msyarakat HSS agar menyampaikan informasi yang sebenarnya, tanggap lapor dan jujur kepada petugas kesehatan.

Ia mengatakan, kejujuran ini penting dan jangan ada yang disembunyikan, karena COVID-19 bukan merupakan aib bagi penderitanya, dan kejujuran ini adalah tindakan untuk menyelamatkan nyawa orang lain.

"Tindakan menyelamatkan nyawa orang-orang yang anda cintai, seperti suami, istri, anak, keluarga dan masyarakat di sekitar anda, dan jangan pula saling menyalahkan satu sama lain, sikapilah kenyataan ini dengan bijak," katanya, yang juga merupakan Kepala Dinas Kesehatan HSS, Sabtu (18/4).

Baca juga: PDP HSS bertambah menjadi lima, tiga positif dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin

Dijelaskan dia, agar masyarakat bila berperan aktif dalam pencegahan penyebaran virus dengan mematuhi dan mengikuti imbauan pemerintah, baik dari pusat maupun daerah, TNI, Polri, dan MUI HSS.

Cuci tangan pakai sabun  di air mengalir, selalu memakai dalam beraktivitas, dan menerapkan physical distancing atau jaga jarak aman minimal satu meter antar individu untuk memutus mata penyebaran virus.

Keberhasilan pencegahan penyebaran virus yang terus dilakukan pemerintah, sangat tergantung kesadaran masyarakat dalam menaati dan mengikuti imbauan, ia mengajak agar bergotong-royong dalam upaya mendukung pencegahan penyebaran virus

Sebelumnya, Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan diperlukan sikap arif dan bijaksana, untuk mentaati dan memahami seluruh kebijakan yang ditetapkan, dengan tujuan untuk menyelamatkan  masyarakat secara keseluruhan.

Baca juga: Tim Gugus Tugas COVID-19 HSS diperluas libatkan berbagai komponen

"Jangan main-main karena ini serius sekali, dan terpenting peran serta masyarakat untuk patuh terhadap berbagai himbauan, baik dari Polri dengan Maklumat Kapolri, MUI dan pemerintah daerah," katanya.

Apabila warga taat, disiplin pribadi keluarga dan organisasi, kalau ada keluarga yang datang agar dilaporkan, agar bisa dideteksi lebih awal maka akan mampu memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Ditambahkan dia, pemerintah akan senantiasa hadir dan ada di tengah-tengah masyarakat, sudah ada bantuan bagi warga yang terdampak COVID-19, baik dari pemerintah maupun swasta, berupa jaring pengaman sosial.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020