Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad melantik Muhammad Yadi sebagai Kepala Desa (Kades) Tumingki, Kecamatan Loksado dan Zaini Kades Karang Jawa, Padang Batung.

Ia mengatakan, agar para kades yang baru saja dilantik melaksanakan tugasnya dengan bersikap dewasa, adil, dan profesional, dan mengucapkan selamat bertugas dan agar memberikan yang terbaik untuk desanya masing-masing.

"Kami juga berterima kasih kepada para panitia pemilihan yang telah memfasilitasi pemilihan kades, hingga menghasilkan dua kepala desa terpilih untuk Desa Tumingki dan Desa Karang Jawa," katanya, bertempat Aula Ramu Kantor Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kabupaten HSS, Kamis (16/4).

Baca juga: Wabup HSS : dana desa langsung ditransfer ke rekening pemerintah desa

Dijelaskan dia, para kepala desa yang baru dilantik agar segera melakukan konsolidasi organisasi, berbicara dengan perangkat desa, BPD tentang apa-apa yang harus dikerjakan untuk tahun 2020 ini, sesuai dengan rencana yang telah disusun.

Namun menurutnya yang harus menjadi perhatian saat ini adalah segala kegiatan yang telah disusun sebelumnya telah mengalami perubahan, menyesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran virus Corona (COVID-19).

Anggaran di desa memungkinkan digunakan untuk jejaring sosial, dalam artian warga yang terdampak akibat virus ini pasti ada dan itu harus menjadi perhatian dari pemerintah desa untuk diberikan bantuan.

"Pastikan jumlah warganya yang terdampak COVID-19, sudah ada data di pemerintah daerah 1.000 lebih dan kemarin sudah diserahkan bantuan sebesar Rp200 ribu perbulan," katanya.

Baca juga: Muning Baru wakili Kalsel lomba tertib administrasi PKK tingkat Nasional

Menurut dia, ini data baru di luar dari warga yang selama ini menerima program dari kementrian sosial, namun seandainya di desa masih ada yang belum dapat dan dipastikan mereka benar benar sangat membutuhkan maka silakan pemerintah desa untuk menanganinya.

Prosesi pelantikan berlangsung tak seperti biasanya, karena dilakukan di tengah wabah pandemi Covid-19, selain itu undangan yang terbatas dan harus menggunakan masker, tempat duduk dalam ruangan pun diberi jarak tidak saling berdekatan.

Turut hadir dalam pelantikan dan pengambil sumpah dua kades ini, Camat Loksado Rudy Agus Firmansyah, dan Camat Padang Batung Heri Utomo.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020