Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H A Chairansyah mengimbau masyarakat agar menjaga dan merawat hasil pembangunan sasaran fisik program TMMD ke-107 Kodim 1002/Barabai yang telah selesai direalisasikan.

Hal itu disampaikannya usai acara penyerahan dan penandatanganan berita acara hasil TMMD dari Dandim 1002/Barabai, Letkol Inf Muh Ishak Baharuddin kepada Bupati yang disaksikan oleh jajaran unsur Forkopimda dan Muspika LAS serta Haruyan di Kantor Kepala Desa Sungai Jaranih, Selasa (14/4).

"Atas nama pemerintah kabupaten HST, kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para TNI dan semua pihak yang terlibat dalam program TMMD ini.
walaupun di tengah wabah corona, mampu menyelesaikan pembangunan sesuai target yang ditentukan. ini menjadi tantangan dan sesuatu yang sangat luar biasa," kata Bupati.

Baca juga: Desa Mantaas pangkas anggaran fisik senilai Rp400 juta untuk penanganan Corona
 
Penyerahan kunci Mushalla hasil program fisik TMMD oleh Bupati HST kepada warga Sungai Jaranih (Antaranews Kalsel/M Taupik Rahman)

Dia juga mengapresiasi setinggi-tingginya atas hasil pembangunan yang sangat bermanfaat bagi warga khususnya yang berada di kecamatan LAS dan Haruyan.

Menurutnya, program fisik seperti pembangunan jalan sepanjang 1.985 meter penghubung antar desa Sungai Jaranih dan Haruyan Seberang ini sangat bermanfaat bagi warga dan mempermudah akses perjalanan dalam mengangkut hasil-hasil pertanian maupun perkebunan. Hingga outputnya lebih meningkatkan kesejahteraan warga.

Ditambahkannya, rehab moshalla di desa sungai jaranih juga begitu berarti bagi warga, karena sebelumnya terlihat reot dan sekarang sudah permanen.

"Semoga dapat menambah kecintaan kita dalam merawatnya dan lebih rajin lagi beribadah ke moshalla," kata Bupati.

Baca juga: Polres HST bagi-bagi masker, hand sanitizer dan sembako
 
Penyerahan kunci hasil rehab rumah tidak layak huni milik Abdus Salam yang merupakan sasaran fisik program TMMD (Antaranews Kalsel/M Taupik Rahman)

Selanjutnya, rehab rumah tidak layak huni sebanyak satu buah milik Abdus Salam di Desa haruyan Seberang ini menjadi penyemangat hidup bagi yang bersangkutan, semoga dapat di rawat dan dijaga sebaik mungkin untuk keluarga dan anak-anaknya sebagai terpat berkumpul, bernaung dan ber-silaturahmi dengan warga.

Diterangkannya, program non fisik melalui berbagai sosialisasi dan bhakti sosial juga sangat dibutuhkan warga agar mereka lebih mengerti dan memahami baik di bidang keamanan, kesehatan, pendidikan dan hal-hal lain yang dapat bermanfaat bagi semuanya.

"Kami hanya berpesan kepada masyarakat melalui kepala desa, agar hasil-hasil pembangunan TMMD ini dirawat, dijaga dan dimanfaatkan sebaik mungkin.
karena, untuk kepentingan orang banyak, tidak hanya warga sekitar namun untuk seluruh warga HST, bahkan juga dinikmati oleh warga kabupaten tetangga kita," kata Chairansyah.

Baca juga: Tiga warga HST yang dinyatakan reaktif hasil rapid test akan dijemput hari ini
 
Peninjauan hasil pembangunan jalan dari Program TMMD yang menghubungkan dua Kecamatan yakni LAS dan Haruyan (Antaranews Kalsel/M Taupik Rahman)

Dalam laporannya, Dandim 1002/Barabai, Letkol Inf Muh Ishak Baharuddin, juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat di Desa Sungai Jaranih dan Haruyan Seberang, karena selama   sebulan para anggota Satgas TMMD berbaur dan diijinkan menginap di rumah warga.

Menurutnya, di tengah wabah Virus Corona, TMMD kali ini merupakan tantangan besar pihaknya dalam merealisasikan namun tetap bersyukur dapat selesai sesuai tenggat waktu yang ditentukan baik kegiatan fisik maupun non fisik.

"Kami juga mengapresiasi dan terimakasih kepada masyarakat dengan rela menghibahkan beberapa pohon karetnya yang terkena pembangunan jalan sasaran fisik TMMD," katanya.

Kegiatan juga dilanjutkan dengan peninjauan hasil sasaran fisik TMMD dan penyerahan paket sembako dan bingkisan kepada masyarakat.

Baca juga: Berikut keterangaan dr Asnal terkait satu warga HST yang dinyatakan positif hasil rapid test
 
Penyerahan paket bantuan dan sembako krpada warga Desa Sungai Jaranih dan Haruyan Sebrang (Antaranews Kalsel/M Taupik Rahman)

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020