Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Isa Anshori, mengatakan per hari Sabtu (11/4) ada tiga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang saat ini sudah dirawat di tiga kamar isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjen H Hasan Basry Kandangan.

Ia mengatakan, ketiga PDP masih diobservasi dan besok, Minggu (12/4) akan dilaksanakan pemeriksaan dengan tes Swab, dan dilanjutkan lagi Swab kedua di hari Senin (14/4) mendatang.

"Ketiga lokasi tempat di mana sebelumnya PDP tersebut tinggal, juga telah dilakukan penyemprotan Disinfektan oleh pihak Dinas Kesehatan HSS," saat, memberikan informasi data COVID-19 di HSS.

Baca juga: Ditargetkan 50 persen lebih masyarakat Kandangan dibagikan masker gratis

Dijelaskan dia, untuk ketiga PDP tersebut, antaralain pasien dengan kode Hasan Basry-1 wanita(65) dari Kecamatan Sungai Raya, kode Hasan Basry-2 laki-laki(55) dari Kecamatan Kandangan dan ketiga, kode Hasan Basry-3 laki-laki (58) dari Kecamatan Daha Selatan.

Untuk data dari Gugus Tugas COVID-19 HSS, Orang Dalam Pemantauan (ODP) terdapat 83 orang dan 119 orang selesai pemantauan, PDP tiga orang, terkonfirmasi nol, dan meninggal nol.

Jumlah ini ODP mengalami peningkatan, jika dibandingkan jumlah OPD di hari Jum'at (10/4) yang sempat mengalami penurunan dengan jumlah 78 orang ODP.

ODP terbanyak masih berada di Kecamatan Daha Selatan sebanyak ODP 26 orang dan selesai pemantauan 17 orang, kemudian Kandangan ODP 17 orang dan selesai pemantauan 48 orang, Daha Utara ODP 16 orang dan selesai pemantauan 11 orang, Simpur ODP enam orang dan selesai pemantauan 11 orang.

Baca juga: Hasil Rapid test 29 ODP HSS hasilnya negatif

Padang Batung ODP enam orang dan selesai tujuh orang, Sungai Raya ODP empat orang dan selesai 10 orang, Angkinang ODP tiga orang dan selesai lima orang, Kalumpang ODP tiga dan selesai tiga orang, Loksado ODP dua orang dan selesai tiga orang, Telaga Langsat nol OPD dan selesai tiga orang, sementara Daha Barat tidak ada OPD dan selesai satu orang.

Ditambahkan dia, untuk saat ini RSUD Kandangan yang merupakan salah satu RS Rujukan COVID-19 belum menerima rujukan dari rumah sakit lainnya, termasuk yang dilaporkan ada yang positif berdasarkan Rapid Test di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

"Belum ada kiriman dari HST, dan kami juga menginfokan ruang isolasi kami di RSUD Kandangan untuk tiga bed sudah terisi PDP," katanya

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020