Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Hanti Wahyu Ningsih, menyampaikan hingga hari ini, Kamis (9/4), dari  hasil rapid tes atau cepat cepat COVID-19 untuk 29 Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten HSS hasilnya negatif.

Ia mengatakan, data data kemarin sudah dilakukan sebanyak 21 kali rapid tes dan dilanjutkan delapan kali test cepat lagi hari ini, hasilnya negatif semua, dan untuk sisanya besok kembali keliling dilakukan lagi tes di beberapa puskesmas.

"Bantuan rapid tes yang kita terima 40 buah di tahap awal, ini termasuk yang kita gunakan untuk test cepat ODP yang Cluster Gowa hasilnya juga negatif," katanya, saat dihubungi, Kamis (9/4).

Baca juga: Jubir Gugus Tugas COVID-19: RSUD Kandangan siap merawat pasien COVID-19

Dijelaskan dia, persedian Rapid Test memang sesuai bantuan tersebut, apabila nanti pihaknya meminta lagi untuk ketersediaan rapid test dan memang masih diprioritaskan bagi mereka yang ODP.

Adapun untuk persediaan Alat Pelindung Diri (APD) di lingkungan Dinas Kesehatan HSS saat ini mencukupi, APD tersebut berasal pengadaan yang dilakukan  dan barangnya sebagian sudah datang.

APD yang ada berjumlah kurang lebih 200 buah APD, dan telah didistribusikan ke puskesmas-puskesmas, selain dari pengadaan juga ada bantuan APD dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang disalurkan, seperti melalui Dinas Kesehatan Kalsel.

Baca juga: RSUD Kandangan telah terima bantuan APD secara bertahap

Berdasarkan data dari Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten HSS, data ODP di Kabupaten HSS cenderung terus menurun, hingga per Kamis (9/4) pukul 16.41, terdapat 90 ODP dan 108 selesai pemantauan, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) nol, positif nol dan meninggal dunia nol.

Terbanyak masih di Kecamatan Daha Selatan dengan 29 ODP, disusul Kandangan 19, Daha Utara 15, Padang Batung 6, Simpur 6, Kalumpang 5, Sungai Raya 4, Telaga Langsat 3, Loksado 2, Angkinang satu dan Daha Barat nol.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020