Oleh Hasan Zainuddin



Banjarmasin, (Antaranews Kalsel)- Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) setempat membangun sebuah Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS).

Pembukaan PIHPS ditandai dengan peluncuran papan informasi digital sarana informasi harga pangan Kota Banjarmasin oleh Wali Kota Banjarmasin Haji Muhidin di Pasar Sentra Antasari, Jumat.

Kegiatan ini merupakan kerja sama Pemkot Banjarmasin dengan Bank Indonesia (BI) dengan tujuan menjaga kestabilan harga yang bermuara pada kestabilan inflasi.

Selain itu untuk memudahkan akses masyarakat terhadap informasi harga bahan pokok strategis juga meminimalkan gejolak harga seperti yang disampaikan kepala perwakilan BI wilayah Kalimantan M Dady Ariadi.

Selanjutnya Wali Kota Banjarmasin dan Kepala Kantor Perwakilan BI Wilayah Kalimantan menandatangani naskah perjanjian hibah aplikasi dan peralatan pusat informasi harga pangan strategis.

Haji Muhidin menyambut baik pendirian PIHPS sekaligus berharap adanya informasi ini masyarakat mengetahui harga sembako yang wajar di pasaran.

Wali Kota juga menghimbau kepada para pedagang agar menjual barang kebutuhan pokok sesuai dengan harga normal yang berlaku di pasar.

Selain di Pasar Sentra Antasari, papan informasi digital juga di pasang di pasar Muara Teluk Dalam yang dipilih berdasarkan survey kepada masyarakat.

Acara ini dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Banjarmasin Haji Zulfadli Gazali, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan provinsi Kalimantan Selatan, Ketua Asosiasi Gula se-Kalsel Haji Aftahudin, serta perwakilan perbangkan se-Kota Banjarmasin dan seluruh kepala SKPD Pemkot Banjarmasin.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014