Pemeribntah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, terus berupaya meningkatkan kualitas pemdidikan di "Bumi Bersujud" dengan menyiapkan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan di seluruh kecamatan kota setempat.

"Apa yang menjadi keperluan Guna menyiapkan SDM yang unggul, Pemkab Tanbu terus gencar melaksanakan pembangunan di sektor pendidikan, utamanya pada infrastruktur, yang mana pada tahun 2019 melalui Disdikbud telah merehab sebanyak 40," kata Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor, di Batulicin, Rabu.

Dai mengatakan, rincian fasilitas yang sudah dibangun yakni sebanyak 34 gedung SD dan enam gedung SMP.

Selain itu, Kualitas SDM juga ditingkatkan melalui berbagai macam pelatihan-pelatihan yang mengarah pada ekonomi kerakyatan diantaranya pelatihan berbasis elektronik, pelatihan ekonomi digital, dan pelatihan kewirausahaan berbasis potensi desa, diantaranya pelatihan pengolahan hasil perikanan dan pelatihan pengolahan hasil perkebunan.

bahklan dari program-program sebelumnya pemerintah daerah juga mengirim 1000 guru berprestasi untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) di pulau jawa demi meningkatkan kualitas tenaga pengajar.

"Dengan mengikutsertakan 1.000 guru berprestasi merupakan salah satu langkah serius pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas tenaga pengajar," katanya.

Dikatakan, setiap tahun Pemkab Tanah Bumbu tealkh mengirim 200 orang guru dari semua jenjang pendidikan, untuk mengikuti Diklat selama satu bulan.

Guru yang diberangkatkan mengikuti Diklat adalah guru yang berprestasi di masing-masing sekolahnya, yang dijaring melalui seleksi tertulis dan yang lain.

Pewarta: Sujud Mariono/Lapsus

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020