Komunitas hijaber yang ada di Kalimantan Selatan menggelorakan berbagi kepada sesama di tengah pandemi COVID-19

Adalah Hijab Muslimah Community (HMC) Banjarmasin yang peduli terhadap masyarakat kurang mampu karena dianggap paling terdampak atas mewabahnya virus corona, sehingga pendapatan mereka semakin berkurang guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Kami tergugah hati untuk mengumpulkan donasi berupa uang dan masker. Walaupun jumlahnya tidak banyak akan tetapi sangat membantu masyarakat yang memerlukan," terang Amy, anggota HMC Banjarmasin yang menginisiasi kegiatan peduli sesama itu.

Adapun donasi dan masker dibagikan kepada masyarakat yang berkerja sebagai ojek online, tukang becak, dan para pedangang kaki lima dan pengumpul barang bekas hingga petugas parkir sekitaran Kota Banjarmasin.

Menurut Amy, para pekerja jalanan yang harus tetap mencari nafkah guna kebutuhan sehari-hari memang menjadi sasaran utama pihaknya. Mengingat di tengah wabah corona saat ini anjuran pemerintah untuk berdiam diri di rumah nampaknya sulit dilakukan.

"Kami sangat memahami kondisi sebagian masyarakat yang tetap harus keluar rumah untuk bekerja. Yang bisa kita lakukan hanyalah membantu mengurangi beban hidup mereka memenuhi kebutuhan makan sehari-hari," tutur wanita yang juga ibu Bhayangkari istri dari PS Kanit Opsnal Subbid Paminal Bidpropam Polda Kalsel Ipda Robby A Bahasuan itu.
Anggota Hijab Muslimah Community (HMC) Banjarmasin peduli terhadap masyarakat kurang mampu dengan membagikan donasi dan masker. (ANTARAKALSEL/Firman)


Untuk itulah, tambah Amy, mengedukasi masyarakat dalam pencegahan penyebaran virus corona adalah jalan terbaik saat ini dilakukan. Seperti diingatkan terus agar warga menerapkan pola hidup bersih dengan cara sesering mungkin mencuci tangan serta menggunakan masker dan menjaga jarak ketika berdekatan dengan orang lain.

"Dalam Agama Islam tentunya  senantiasa menjaga wudhu dan jangan meninggalkan shalat lima waktu sesuai perintah Alllah SWT dengan sunnah Nabi Muhammad SAW," tandasnya.

Di sisi lain, Amy mewakili para anggota HMC Banjarmasin mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang sudah memberikan kepercayaan guna  mengumpulkan dan menyalurkan bantuannya.

"Semoga Allah SWT selalu melimpahkan kesehatan dan keselamatan bagi Bangsa Indonesia yang tercinta," katanya.

Sebelumnya sang suami Ipda Robby A Bahasuan bersama alumni SIP Reg 45/Wira Andhang Pandhega mengedukasi masyarakat tetap di rumah dengan menggelorakan berbagi sembako untuk mereka yang kurang mampu.

Paket sembako diberikan kepada pekerja jalanan seperti tukang becak dan ojek online yang masih bekerja untuk mencari nafkah di tengah wabah Covid-19.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020