Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datu Sanggul, Rantau, Kabupaten Tapin siapkan 4 buah ruang isolasi untuk antisipasi warga yang terpapar Virus Corona (COVID-19).

Juru bicara RSUD Datu Sanggul Rantau, dr Rini Restiyati di ruang kerjanya mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan 4 ruang isolasi dengan standar minimal.

"Ruang isolasi dengan 4 tempat tidur dan sudah memiliki kelengkapan dengan standar minimal," ujarnya, Rantau, Kamis (2/4).

Namun, dijelaskannya, apabila ada ditemukan warga Tapin yang mengalami gejala virus corona, akan tetap kami lakukan rujukan ke rumah sakit rujukan terdekat yang sudah ditunjuk Pemprov Kalsel misalkan RSUD Hasan Basri Kandangan.

"Kecuali rumah sakit rujukan sudah penuh, maka akan kita lakukan tindakan di ruang isolasi yang kami miliki," ujarnya.

Dikatakan dr Rini, ruang isolasi merupakan sebuah keharusan yang dimiliki oleh setiap rumah sakit, hal tersebut dikarenakan apabila ada pasein yang memerlukan penanganan khusus.

"Ruang isolasi tujuannya untuk mengurangi resiko penularan pasein yang terpapar penyakit menular dan berbahaya," ujarnya.

Selain itu, dijelaskan dr Rini, bagi tenaga medis yang bertugas di ruang isolasi tersebut tentu harus memenuhi prosedur atau SOP yang sudah di tentukan.

"Alat pelindung diri khusus untuk petugas di ruang isolasi kita sudah siap," ujarnya lagi.





 

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020