Warga Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, yang terdaftar sebagai orang dalam pemantauan (ODP) terhadap penyebaran Virus Corona atau COVID-19, menerima bantuan barang kebutuhan pokok dari pemerintah setempat.

Kepala Dinas Sosial Tanah Bumbu, Basuni, di Batulicin, Rabu, mengatakan di Kecamatan Kusan Hilir ada 12 Kepala Keluarga (KK) yang menerima bantuan sembako, untuk meringankan beban mereka.

"Sebelumnya kami juga memberikan bantuan kepada warga yang tinggal di Kecamatan Simpang Empat, Batulicin dan Angsana," katanya.

Di Kecamatan Simpang Empat terdapat satu warga, Kecamatan Batulicin terdapat tiga warga, sedangkan di Kecamatan Angsana terdaftar 11 warga yang masuk dalam daftar ODP.

Pemberian sembako ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah daerah yang tanggap dalam penanganan pencegahan penyebaran wabah Covid-19 di "Bumi Bersujud".

"Kami sangat berharap dengan adanya bantuan ini warga yang masuk sebagai ODP agar melakukan karantina mandiri atau tidak keluar rumah hingga batas waktu yang ditentukan," harapnya.
Baca juga: Cegah Covid 19 - Rangkaian HUT Ke -17 Kabupaten Balangan ditunda
Baca juga: Disdagri larang masyarakat nimbun sembako terkait Covid-19
Baca juga: STIKES Tanbu produksi antiseptik berbahan herbal cegah Covid-19
Saat ini, Pemda terus melakukan pemantauan kepada seluruh warga yang masuk ODP. Bahkan untuk mengantisipasi penularan virus corona, Satgas pencegahan virus corona juga melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa tempat fasilitas umum dan tempat ibadah.

Selain itu, petugas juga melakukan pemeriksaan suhub tubuh kepada masyarakat yang melintas di seluruh perbatasan Kabupaten Tanah Bumbu.

Apabila suhu tubuh yang bersangkutan melebihi suhu tubuh normal maka akan dilakukan pendataan oleh Satgas Penanganan Penyebaran Virus Corona.

"Kami tetap waspada terhadap penyebaran virus tersebut dengan menjalankan SOP yang ditetapkan pemerintah pusat seperti yang sebelumnya pernah di sampaikan Sekda Tanah Bumbu Rooswandi Salem," katanya. 

Pewarta: Imam Hanafi/sujud mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020