Komisi II DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, melaksanakan rapat persiapan dan ketersediaan pangan atau logistik, di ruang sidang lantai dua kantor DPRD setempat.

Asisten Administrasi Pembangunan dan Kemasyarakatan HSS Sasmi Rifani, di Kandangan, Rabu (1/4), mengatakan bahwa stok pangan di Kabupaten HSS cukup tersedia atau aman untuk tiga bulan ke depan.

"Penanganan ke depan, apabila ada lockdown, pemerintah daerah sudah berencana menyediakan dana fisik untuk menjaga ketersediaan pangan," katanya, dalam keterangan yang disampaikan.

Baca juga: PDP asal HSS dinyatakan negatif Corona dan sudah pulang

Dijelaskan dia, sekarang ini pemerintah daerah sudah memiliki stok beras di Bulog sebanyak 5.000 ton, dan kalau memang keadaan mendesak maka beras di bulog ini akan disalurkan kepada masyarakat.

Pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan distributor supaya kesediaan sandang pangan di Kabupaten HSS tetap aman, khususnya karena ada wabah covid 19 dan menjelang bulan suci Ramadhan.

Ketua Komisi II DPRD HSS H. Kartoyo, mengatakan bahwa dari DPRD HSS ingin mengetahui kesiapan terkait pangan yang ada, dan sekarang stok pangan untuk tiga bulan ke depan dipastikan apakah akan mencukupi.

Adapun hasil kesimpulan antaralain, agar masyarakat bisa jual beli berbasis online, untuk mengurangi tatap muka demi menjaga kesehatan, dan ada dukungan logistik dari pemerintah daerah.

Baca juga: Bupati HSS bagikan masker secara gratis

Stok pangan untuk tiga bulan kedepan aman, dan yang perlu diperhatikan yaitu jalur pengawasan distribusi, jangan sampai begitu ada dananya, dibeli barang tidak ada atau ada barangnya pun terkendala pengangkutan.

Apabila terpapar covid 19, pemerintah daerah siap mengalokasikan dana fisik, itu jika dalam keadaan benar-benar lockdown, serta solusi sholat jumat, apabila saat mau sholat jumat harus ada satu ruangan disterilkan, dan semua yang dilakukan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, untuk mengetahui layak-tidaknya secara medis.

Rapat ini dilaksanakan bersama Kepala Dinas Perdagangan HSS Sudiono, Kepala Dinas Ketahanan Pangan HSS H. Akhmad Mawardi, Kepala Dinas Pertanian Muhammad Noor, perwakilan BPBD Kesbangpol, dan anggota Komisi II DPRD HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020