Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry turun langsung membagikan masker kepada para pedagang di Pasar Subuh Kandangan, yang terletak di kawasan Terminal Bus Kandangan, Jalan M Yusi Kandangan.

Ia mengatakan, bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka membantu kesulitan masyarakat dalam mendapatkan masker, yang kini merupakan barang langka dan mahal.

"Ini adalah sebagai bentuk perhatian yang serius dari kita kepada masyarakat. Kita memaklumi kondisi masyarakat saat ini, terutama para pedagang yang memang harus tetap bekerja untuk mencari nafkah bagi keluarga," katanya, Rabu (1/4).

Dijelaskan dia, sebagai pemerintah daerah juga berupaya untuk tetap melindungi kesehatan mereka di tengah wabah yang sedang melanda ini, salah satunya adalah dengan pembagian masker kain gratis ini.

Baca juga: Sesuai standar medis, Pemkab HSS pesan ribuan masker gratis SMKN 1 Daha Selatan

Masker kain ini merupakan partisipasi dan dukungan pemerintah daerah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD), melihat langkanya masker di pasaran. Keuntungan lainnya bahwa masker ini bisa dipakai berulang kali, dengan tentu harus dicuci terlebih dahulu setiap habis dipakai.

Ia mengharapkan, partisipasi masyarakat agar bisa mengikuti segala anjuran yang telah diberikan pihak kesehatan, dalam menghadapi wabah virus Corona ini, sehingga diharapkan bisa meminimalisir menularnya wabah ini di HSS.

Masker gratis yang dibagikan sampai saat ini terus diproduksi Dinas Kesehatan untuk dibagikan kepada masyarakat, selain diproduksi oleh Dinas Kesehatan, juga dilakukan oleh beberapa OPD lainnya yang ikut berpartisipasi.

Penyerahan secara simbolis dilakukan Bupati HSS kepada beberapa pedagang PKL, yang dilanjutkan dengan peninjauan ke beberapa sudut Pasar Subuh dan didahului dengan arahan tentang petunjuk pemakaian masker yang bisa digunakan berulang-ulang ini.

Baca juga: KPU HSS terbitkan SK penundaaan masa kerja PPK

Pedagang dan pengunjung pasar subuh masing-masing mendapatkan satu buah masker, Bupati HSS juga tak segan-segan menyapa warga pedagang yang sedang melakukan transaksi, sambil sesekali bertanya tentang perkembangan harga dan kondisi usaha mereka.

Bahkan ia juga membeli beberapa jualan pedagang PKL ini, mulai dari sayur, buah, telur dan ikan cumi,  bahkan saking senangnya dikunjungi orang nomor satu di HSS ini, ada pedagang yang sempat tidak mau dibayar.

Pembagian dilakukan langsung diikuti masing-masing jajaran OPD,  Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad dan Sekda M. Noor juga ikut langsung membagikan serta sesekali membeli dagangan pedagang dan ditanggapi gembira para pedagang.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020