Ketua Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) HM Lutfi Saifuddin mengharapkan media massa terutama yang ada di provinsinya agar ikut menenangkan masyarakat dari permasalahan virus Corona atau Covid-19.

"Kita berharap jangan sampai ada anggapan masyarakat bahwa media massa melalui berbagai pemberitaan, justru membuat masyarakat tidak tenang atau was-was dalam masalah Corona," ujarnya kepada Antara Kalsel di Banjarmasin, Sabtu.

Sebagai contoh pemberitaan yang lebih menonjolkan jumlah mereka meninggal dunia, baik karena positif terkena Covid-19 maupun yang belum pasti atau masih dalam dugaan terjangkit virus Corona tersebut.

"Memang angka kematian itu fakta. Tetapi apakah tidak ada cara lain agar warga masyarakat tetap tenang dalam menghadapi atau melawan Covid-19 yang sedang mewabah," ujar wakil rakyat dari Partai Gerindra yang bergelar sarjana sosial tersebut.

"Bagaimana cara mengemas pemberitaan yang memberikan motivasi kepada masyarakat agar penuh semangat dan optimistis bisa melawan/menanggulangi Covid-19 tersebut. Mungkin kawan-kawan pers memahaminya," lanjut anggota DPRD Kalsel dua periode itu.

Menurut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin itu, persoalan Covid-19 tersebut pada dasarnya tanggung jawab bersama, baik dalam pencegahan maupun penanggulangan sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Sebagai misal, sesuai tugas dan fungsinya, media massa mengedukasi masyarakat atau semua kalangan agar secara bersama-sama pula melakukan pencegahan antara lain membiasakan budaya hidup sehat.

Begitu pula dalam hal penanggulangan, lanjutnya, peran dan fungsi media massa mengedukasi masyarakat supaya segera memeriksakan diri manakala terasa kelainan atau gangguan kesehatan dengan dugaan terserang virus Corona guna pencegahan secara dini dari kemungkinan penularan lebih luas lag.

"Dengan kebersamaan (termasuk peran serta aktif kalangan media massa), baik dalam pencegahan maupun penanggulangan, kita berharap Covid-19 segera berlalu dari negeri ini," lanjut Ketua Komisi IV DPRD Kalsel yang juga membidangi kesehatan itu.

"Saya yakin, dengan profesionalisme dan sikap proporsional seorang jurnalis yang berpegang teguh pada Kode Etik Jurnalistik akan mampu menyikapi atau membuat pemberitaan tentang  Covid-19 secara bijak buat negara dan bangsa yang sama-sama kita cintai," demikian Lutfi.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020