Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) KH Muhammad Ridwan Baseri atau akrab dipanggil Guru Kapuh, mengingatkan menghadapi virus Corona yang wabahnya melanda dunia saat ini, agar tetap waspada dan berhati hati, tetapi jangan sampai membawa ketakutan yang berlebihan karena yang harusnya ditakuti hanya Allah SWT.

Ia mengatakan, jangan sampai takut hanya dengan penyakit lalu dengan Allah lupa, padahal takut yang terbesar itu hanya kepada Allah dan boleh jadi penyakit ini datang, karena kurangnya ketaqwaan kepada Allah lalu diberikan teguran.

Baca juga: Kasus Corona positif di HSS belum ditemukan, namun kewaspadaan tetap ditingkatkan

"Apabila sudah terjadi bencana apapun itu bukanlah kezaliman dari Allah tetapi itu adalah buah dari pada perbuatan manusia sendiri," katanya, dalam tausiyah peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, di Mesjid Besar As Salam, Sungai Raya Utara, Kecamatan Sungai Raya, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Bupati HSS H Achmad Firky mengatakan, Safari Rajab ini dilaksanakan selain untuk memperingati hari besar Islam juga sebagai ajang silaturahmi jajaran Pemkab HSS dengan masyarakatnya, hikmah yang terpenting dalam peristiwa Isra Mi’raj adalah melaksanakan kewajiban perintah Allah SWT yaitu shalat lima waktu.

Dijelaskan dia, berkaitan dengan visi Kabupaten HSS yang bertujuan untuk mewujudkan kebahagian di dunia dan akhirat, pihaknya telah menerapkan salah satu langkah kongkret yang sudah lebih setahun dijalankan dengan menghentikan segala kegiatan menjelang tibanya waktu shalat fardhu.

Baca juga: RSUD Kandangan siapkan kamar isolasi pasien Corona

Atas restu para alim ulama, kebijakan yang lainnya adalah mewajibkan para ASN untuk membaca Al Qur’an lima menit sebelum melaksanakan pekerjaan, dengan harapan segala program pemerintah ini bisa juga dilakukan, juga di tengah masyarakat agar tidak hanya kebahagiaan di dunia saja yang dikejar melainkan yang lebih utama untuk kebahagiaan akhirat.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Wakapolres HSS Kompol Arief Himawan, Sekda HSS H. M. Noor, bersama para kepala OPD di lingkup Pemkab HSS, para alim ulama, tokoh masyarakat dan jemaah mesjid setempat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020