Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry, menyampaikan walaupun hingga kini di Kabupaten HSS belum ada ditemukan kasus positif corona, namun kewaspadaan tetap dilakukan bahkan ditingkatkan sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo.

Ia mengatakan, berdasarkan pertimbangan dari Dinas Kesehatan, Pemkab HSS telah memutuskan bahwa status Kabupaten HSS saat ini adalah siaga darurat sama dengan status Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Baca juga: Pemkab HSS bentuk satuan khusus hadapi virus Corona

"Kami minta agar di jajaran Dinas Kesehatan HSS agar lini-lini terdepannya baik puskesmas, poskesdes dan lainnya bisa lebih cepat memberikan informasi apabila patut diduga ada ditemukan kasus Corona," katanya, usai rakor, di Aula Ramu Setda HSS, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan dia, dalam arahan presiden tersebut daerah diberi kewenangan untuk menetapkan status daerah, HSS sendiri sudah dikeluarkan surat edaran kepada masyarakat disertai dengan sosialisasi yang disampaikan melalui media sosial maupun jaringan TV Kabel, terkait virus Corona agar masyarakat tahu dan mengambil langkah-langkah antisipasi untuk virus ini.

Kepala Dinas Kesehatan HSS Hj. Siti Zainab, mengatakan untuk wilayah Kalsel memang ada pasien yang dicurigai terinfeksi virus coronaberasal dari warga yang habis dari perjalanan luar negeri, saat ini masih dalam masa isolasi di Rumah Sakit Ulin Banjarmasin.

Baca juga: HSS status siaga darurat Virus Corona, sekolah tidak diliburkan

Sementara itu, Direktur RSUD Brigjen H Hassan Basry Kandangan Hj Rasyidah, mengatakan saat ini rumah sakit sudah bersiap, namun kondisinya masih aman terkendali tidak ada pasien yang suspect corona dirawat di RSUD Kandanga dan juga tidak ada merujuk pasien ke rumah sakit Ulin.

"Kami juga telah menutup jam besuk sebagai langkah agar situasi rumah sakit yang selama ini menjadi sumber penyakit, hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan dari sumber penularannya dari rumah sakit," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020