Oleh Yose Rizal

Martapura, (Antaranews Kalsel) - Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Zalecha Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan siap menjadi rujukan peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).


Bupati Banjar Khairul Saleh, Senin di Martapura mengatakan, pihaknya sudah memenuhi persyaratan yang diwajibkan sehingga rumah sakit milik pemkab itu bisa menjadi rujukan BPJS.

"Status rumah sakit sudah naik dari tipe C menjadi tipe B sehingga RSUD sudah siap menjadi rujukan peserta BPJS dari kawasan Banua Anam," ujar bupati kepada wartawan.

Peserta BPJS kawasan Banua Anam yang dilayani RSUD Ratu Zalecha meliputi tujuh kabupaten sebelah Utara Kalsel yakni Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS), HST, HSU, Balangan dan Kabupaten Tabalong.

Dijelaskan, kenaikan tipe itu juga diikuti dengan penetapan direktur RSUD yang harus menyandang status dokter sehingga dipilih pejabat eselon II yang memenuhi syarat itu.

"Kami sudah melantik direktur baru yang menyandang status sebagai dokter yakni dr Yasna Khairina yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan," ungkap bupati.

Menurut dia, selain memenuhi persyaratan administrasi sebagaimana yang ditetapkan pemerintah sebagai RSUD tipe B, pihaknya juga sudah memenuhi jumlah dokter spesialis di rumah sakit tersebut.

Disamping itu, kata dia, fasilitas dan sarana prasarana pendukung lain juga sudah dilengkapi sehingga setiap pelayanan kesehatan yang diberikan rumah sakit sudah memenuhi standar.

"Dokter spesialis sudah terpenuhi semua, disamping fasilitas dan sarana pendukung yang juga sudah dimiliki sehingga memenuhi syarat sebagai rumah sakit tipe B," ujarnya.

Dikatakan, mengingat program BPJS sudah dilaksanakan sejak Januari 2014, pihaknya meminta seluruh staf dan jajaran rumah sakit meningkatkan pelayanan sehingga setiap masyarakat mendapat pelayanan maksimal.

  "Saya sudah instruksikan seluruh jajaran rumah sakit meningkatkan pelayanan mulai dari senyum dan menyapa pasien hingga memberikan pelayanan sesuai kebutuhan pasien," katanya.    

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014