Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor meminta masyarakat tetap tenang menghadapi berbagai informasi terkait penyebaran virus corona dengan tetap waspada dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

"Saya meminta masyarakat tetap tenang, sikap kurang tenang apalagi panik justru akan memperparah keadaan, namun harus tetap waspada," katanya pada rapat kerja daerah kesehatan (Rakerkesda) se-Kalimantan Selatan di Banjarmasin Senin.

Gubernur juga mengajak seluruh kabupaten termasuk pemerintah pusat untuk bersinergi dalam mengatasi berbagai persoalan terkait upaya peningkatan kesehatan masyarakat.

"Kalau pemerintah pusat, provinsi kabupaten dan kota semuanya bersinergi pasti akan ada sesuatu yang dashyat, " katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Muslim mengatakan Rakerkesda ini merupakan sinergi lintas sektor untuk mengintegrasikan berbagai kegiatan dan program 2020 maupun 2021.

Menurut dia, fokus program kesehatan Kalimantan Selatan adalah menurunkan angka stunting, menekan angka kematian bayi dan angka kematian ibu melahirkan, membudayakan germas, pengendalian penyakit menular dan tidak menular.

Dalam Rekerkesda 2020 ini, juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama mendukung penguatan upaya promotif dan preventif bidang pembangunan kesehatan, dilakukan Gubernur H Sahbirin Noor beserta Bupati/Wali Kota se Kalsel.

Sebelumnya, Gubernur Kalsel yang biasa disapa Paman Birin itu mengatakan kekerdilan harus menjadi perhatian bersama.

Bukan itu saja permasalahan ini juga menjadi agenda strategis dalam beberapa tahun ini, kalau tidak bisa menghilangkan paling tidak meminimalisir.

"Ke depan, kita harus bisa menyelesaikan masalah ini, ya, kalau kita tidak bisa menghilangkan, paling tidak kita bisa meminimalisir," katanya usai menghadiri seminar kekerdilan di RSUD Ulin Banjarmasin itu.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020