PT Persero Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) cabang Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, telah menyiapkan empat unit kapal untuk melayani calon penumpang kapal rute Batulicin-Surabaya Pulang Pergi (PP), Batulicin-Makasar dan sebaliknya jelang lebaran 2020.

Kepala PT Pelni Cabang Batulicin Indra Maulana di Tanah Bumbu, Rabu mengatakan, empat unit kapal tersebut diantaranya KM Wilis, KM Egon, KM Sabuk Nusantara 99 dan KM Sabuk Nusantara 93.

"Setiap kapal memiliki rute berbeda, seperti KM Wilis melayani penumpang Batulicin-Makasar hingga ke Bima atau bagian timur Pulau Sumbawa setiap dua pekan sekali dengan tarif ," kata Indra.

Sedangkan KM Egon melayani rute Batulicin-Surabaya hingga ke Bontang dan Pere-Pare. KM Sabuk Nusantara 99 dan Sabuk Nusantara 93 melayani penumpang rute Kotabaru-Batulicin hingga ke Pulau Sembilan.

Dia menjelaskan, sesuai dengan keputusan direksi PT Pelni, hingga kini PT Pelni Cabang Batulicin belum mendapatkan keputusan apakah ada penambahan armada kapal untuk melayani calon penumpang pada mudik lebaran 2020.

"Untuk sementara waktu Pelni Batulicin menyiapkan empat unit kapal, dan masyarakat yang hendak mudik lebaran dapat melakukan pemesanan tiket secara online melalui website WWW.pelni.co.id," ujarnya.

Bukan hanya itu, dalam menjalankan Public Service Obligation (PSO), periode 2020 PT Pelni menerima gelontoran dana dari pemerintah pusat sebesar Rp2,046 triliun untuk meningkatkan pelayanan pelayaran kepada calon penumpang.

"Artinya kami sangat komitmen dalam memberikan pelayayan yang terbaik kepada calon penumpang kapal di berbagai daerah, bahkan dalam pelayanannya kami menyediakan ruang ber AC dan penumpamng juga mendapatkan makan tiga kali sehari selama kapal berlayar," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020