Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, menyampaikan potensi Sungai Amandit sangat mendukung dengan potensi potensi penunjangnya untuk dijadikan salah satu obyek atau destinasi wisata yang ada di Kabupaten HSS.

Ia mengatakan, pihaknya meminta kepada SKPD terkait, yakni Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HSS untuk melakukan pengkajian untuk bisa merealisasikan keinginan tersebut.

"Sungai Amandit memiliki landscape alam yang indah, gunung-gunung dan batu-batu karangnya, keanekaragaman tanamannya, jadi tinggal kita kemas dengan pemenuhan sarana prasarananya," katanya, saat dihubungi melalui sambungan telpon, Selasa (3/3).

Baca juga: Sampaikan keluhan keruhnya Sungai Amandit, Forlisa datangi kantor DPRD

Dijelaskan dia, keinginan pemerintah daerah tersebut beralasan karena Sungai Amandit merupakan salah satu ikon kebanggaan daerah, dan merupakan ini upaya bersama dari pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keasrian dan kelestarian alam.

Pihaknya menyambut baik setiap upaya baik pribadi maupun kelompok masyarakat yang menyuarakan penyelamatan kondisi Sungai Amandit atau ramai diviralkan dengan "Save Amandit", kepedulian dan perhatian ini juga dikarenakan keluhan akan kondisi kualitas air amandit yang sering mengalami keruh.

Keinginan wabup yang juga Ketua Tim Khusus Penanganan Penurunan Kualitas Air Amandit dan pemerintah daerah untuk menjadikan Sungai Amandit menjadi salah satu obyek wisata, memiliki sisi positif untuk menjaga, memantau dan memelihara kondisi sungai, menarik wisatawan ke daerah hingga meningkatkan perekonomian.

Baca juga: Sensasi "bamboo rafting" memikat wisatawan ke Loksado

Potensi Sungai Amandit sangat memungkinkan untuk itu, dan terpenting nantinya bagaimana semua pihak mau berpartisipasi mewujudkannya, termasuk agar tidak membuang sampah sembarangan di sungai, dan pemanfaatan sumber daya alam seperti galian c dan aktifitas pertambangan yang legal dan peduli lingkungan.

Adapun beberapa daerah di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang sudah mengembangkan potensinya sungai seperti Kota Banjarmasin dan Kota Martapura melalui paket wisata susur sungai, ada beberapa destinasi wisata yang bisa dinikmati wisatawan selama perjalanan susur sungai.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020