Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan(HSS) H.Muhammad Noor, menghadiri High Level Meeting dan Rapat Koordinasi Daerah Semester I Tim Pengendalian Infalasi Daerah (TPID) Provinsi Kalsel, di Ruang Rapat Aberani Sulaiman, Perkantoran Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Kalimantan Selatan.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Kamis (27/2), mengatakan dengan dibagikannya satu juta bibit cabe maka masyarakat di Provinsi Kalsel dapat memiliki tanaman cabe di rumahnya.

"Selain itu, dengan adanya tanaman cabe ini merupakan salah satu cara mengawal atau menjaga stabilisasi inflasi di Kalsel," katanya, yang akrab disapa Paman Birin dalam sambutan.

Baca juga: Paman Birin resmikan tiga jembatan penghubung Banjarmasin-Martapura

Dijelaskan dia, bahan pokok atau makanan masih menjadi sebab terjadi inflasi di Kalsel, dan cabe juga bisa menjadi inflasi, maka dari itu pihaknya akan menyediakan bibit cabe bagi masyarakat.

Ia juga terus mengharapkan sinergitas TPID Kalsel agar dapat terus bisa mengendalikan inflasi di Kalsel, terlebih di momen hari besar, seperti bulan suci Ramadhan, hari raya Idul Fitri, dan perayaan hari besar lainnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalsel Amanlison Sembiring, mengatakan berkat peran TPID binaan Gubernur Kalsel, inflasi di Kalsel mampu dijaga di rentang kisaran target nasional dengan baik di tengah berbagai risiko, seperti gangguan pasokan maupun tekanan permintaan.

Menurut dia, pada Januari 2020, inflasi di Kalsel sebesar 3,07%, stabilisasi inflasi di Kalsel ini tidak lepas dari peran TPID dalam melaksanakan berbagai program pengendalian inflasi daerah.

Baca juga: Paman Birin ikuti sensus penduduk online bersama BPS

Ditambahkan dia, tugas TPID di Kalsel ke depan semakin menantang, dengan mempertimbangkan trend data dan proyeksi ke depan, komponen yang diatur pemerintah dan kelompok bahan makanan masih memerlukan perhatian besar.

Turut hadir, Bupati dan Walikota se Kalsel, Asisten II Bidang Perekonomian Setdaprov Kalsel, Karo Perekonomian Kalsel, dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemeirntah Provinsi Kalsel.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020