Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis memberikan atensi khusus pengamanan Haul ke-15 KH Zaini bin Abdul Ghani atau akrab disapa Guru Sekumpul, di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, yang diprediksi dihadiri jutaan orang.

"Bapak Kapolri menginstruksikan agar personel Polri yang dibantu TNI, unsur terkait dan relawan dapat benar-benar melaksanakan tugas pengamanan kelancaran pelaksanaan Haul Guru Sekumpul secara maksimal dan penuh keikhlasan," kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani di Martapura, Kamis.

Pesan Kapolri itu disampaikan Kapolda ketika menyerahkan bantuan satu ekor sapi dari Jenderal Polisi Idham Azis untuk membantu panitia Haul Guru Sekumpul.

Baca juga: Banjarmasin bantu armada kebersihan Haul ke-15 Guru Sakumpul

Yazid mengimbau jamaah untuk selalu menjaga ketertiban dengan mematuhi arahan dan petunjuk petugas dan relawan di lapangan.

"Kalau semua tertib, InsyaAllah semuanya berjalan lancar, seperti harapan kita bersama. Tetap jaga keamanan barang bawaan dan harta benda, jamaah juga diimbau tidak menggunakan perhiasan berlebih yang dapat mengundang aksi kejahatan," kata Kapolda menekankan.
Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani mengecek areal sekitar Mushalla Ar-Raudhah yang jadi pusat kegiatan Haul Guru Sekumpul, Kamis (27/2/2020). (antara/foto/Firman)

Meski diakui Kapolda pelaksanaan haul setiap tahunnya berjalan kondusif tanpa ada insiden tindak kejahatan, namun jamaah tetap diimbau waspada, termasuk bagi petugas sendiri agar tidak lengah.

Baca juga: Aplikasi Data Sehat Haul Guru Sekumpul mampu deteksi virus COVID-19

"Syukur alhamdulilah ini merupakan wisata religi bagi pecinta Abah Guru Sekumpul yang setiap tahun semakin bertambah banyak jamaah yang datang. Niatnya masyarakat hanyalah untuk ibadah begitu juga petugas bekerja dengan ikhlas mengharap berkah Allah SWT," ujarnya.

Sementara saat penyerahan bantuan dua ekor sapi, Kapolda yang didampingi Wakapolda Brigjen Pol Aneka Pristafuddin dan Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo sempat mengecek situasi area Mushalla Ar-Raudhah yang menjadi pusat kegiatan haul yang puncaknya dilaksanakan pada Minggu (1/3) nanti.

"Kami berterima kasih atas bantuan dari Kapolri dan Kapolda, tentunya dapat menambah untuk konsumsi jamaah haul. Semoga kita semua mendapat berkah," ucap Imam Mushalla Ar-Raudhah H Sa’addudin yang menerima secara simbolis bantuan sapi dari Kapolda.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020