Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H Noor Fahmi menyatakan, pihaknya menggandeng Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin untuk menyelenggarakan sertifikasi pembimbing manasik haji.

Menurut dia di Banjarmasin, Minggu, pihaknya bekerjasama dengan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Antasari Banjarmasin untuk menyelenggarakan sertifikasi bimbingan manasik haji pada April nanti.

"Pendaftaran akan dibuka pada tanggal 1 sampai 31 Maret ini di sekretariat Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin," ujarnya.

Noor Fahmi menyatakan, penyelenggaraan sertifikasi pembimbing manasik haji tersebut sudah menjadi standar kerja sama antara Ditjen PHU Kemenag dengan Universitas Islam Negeri (UIN) di seluruh Indonesia. 
 
Kemenag Kalsel.(Antara/Humas Kemenag Kalsel)

"Melalui sertifakasi bagi pembimbing manasik haji,  diharapkan mereka sebagai pelaksanaan manasik yang lebih berkualitas," tuturnya. 

Karena ini sebagai inovasi bagi pelayanan haji yang lebih maksimal di tahun ini, khususnya di bimbingan untuk jamaah haji sebelum keberangkatan.

Menurut Noor Fahmi, keberadaan pembimbing manasik haji Indonesia merupakan salah satu bagian penting dalam pelaksanaan ibadah haji maupun umrah.

Namun, lanjut dia, dari sekian banyak pembimbing manasik haji di Indonesia belum memiliki sertifikat dari lembaga terkait. 

"Oleh karenanya saya menyarankan bagi para pembimbing manasik haji agar bisa segera mendaftarkan diri ke FDKI UIN Antasari Banjarmasin untuk mendapatkan sertifikasi tersebut," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, ucap Noor Fahmi, jamaah haji yang diberangkatkan tahun ini sebanyak 3.831 orang, termasuk petugas haji.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020