Upacara gelar senja pramuka Kota Banjarmasin dimeriahkan dengan penampilan kesenian ratusan pramuka cilik di halaman Balaikota, Senin.

Mereka menampilkan tari kolosal, berjoget hingga teater yang membuat perhatian Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina yang didapuk sebagai pembina upacara pada saat itu.

Menurut Wali Kota Banjarmasi H Ibnu Sina, ini kegiatan yang sangat positif, di mana semua berkreasi dan menampilkan bakat seni, hingga terjadi kegembiraan bagi semua.

"Saya harap kegiatan ini terus dilaksakan, hingga pramuka di daerah ini terus eksis," tuturnya.

Sekretaris Kwartir Pramuka Cabang Kota Banjarmasin Drs Sumarno HD mengungkapkan, upacara gelar senja rutin dilaksanakan setiap tanggal 17 pada bulan berjalan.

"Jadi bergantian Kwartir pramuka di kecamatan melaksanakan, saat ini dari Banjarmasin Selatan," ujarnya.

Sebelumnya, tutur Sumarno, kegiatan upacara gelar senja dilaksanakan di kecamatan secara bergilir, namun sekarang ditetapkan di halaman Balaikota sejak Februari ini hingga seterusnya.

"Dengan banyak pertimbangan, kita tetapkan setiap bulannya digelar di halaman Balaikota saja," ujarnya.

Tujuan utama pacara gelar senja ini, terang Sumarno, adalah menguatkan patriotisme bagi anggota pramuka, utamanya ditanamkan pada anggota yang masih muda ini.
Baca juga: Sumarno, setia di pramuka berawal membina siswa bandel
Baca juga: Upacara gelar senja pramuka Banjarmasin dimeriahkan penampilan seni
Baca juga: Gerakan Pramuka Wadah Pendidikan Karakter
"Karena kan harus diingat juga, tanggal kemerdekaan negara kita itu 17, jadi agar ingat semua, hingga terus digelar upacara ini pada tanggal 17 setiap bulan berjalan," ungkapnya.

Selain itu, kata Sumarno, kegiatan ini juga menampilkan kreativitas dan keterampilan dalam ke pramukaan yang banyak bergelut di kegiatan sosial.

"Jadi penanaman-penamaman nilai itu yang terus kita lakukan, sehingga mereka menjadi pribadi yang baik, sosial dan patriotisme,"  ujarnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020