Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru bekerjasama dengan Kodim 1004 Kotabaru akan menggelar program Karya Bakti berupa pembuatan jalan di daerah terpencil guna membuka akses, pengembangan ekonomi, dan kemajuan bagi masyarakat setempat.

Dalam program Karya Bakti pada 2020 ini ditetapkan pembangunan jalan sepanjang 5 kilometer di Desa Rampa Manunggul, yang dimaksudkan untuk menghubungkannya dengan ibukota Kecamatan Sampanahan dan desa-desa sekitarnya.

Ditemui di sela-sela peninjauan, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar mengungkapkan program ini akan dilaksanakan pada bulan depan dengan panjang jalan yang akan dibangun kurang lebih 5 km. Desa Rampa Manunggul sangat jauh aksesnya menuju daratan.

"Kita tahu Desa Rampa Manunggul sangat jauh aksesnya dari daratan, maka dari itu kita carikan jalan pintas supaya nanti mereka bisa menikmati juga aliran listrik. Insya Allah dalam tiga bulan sudah selesai pengerjaannya," tutur Sayed Jafar.

Orang nomor satu di Bumi Saijaan ini mengungkapkan, jalan ini kelak dapat menghubungkan akses dari desa menuju ibu kota kecamatan. "Dan nantinya kalau bisa kita pindahkan sebagian penduduknya".

Baca juga: Tuntaskan infrastruktur jalan di kecamatan
Baca juga: Indocement dorong pemahaman Al-quran sejak dini

Sementara, Kasdim 1004 Kotabaru Samsul Kusairi menjelaskan, Karya Bakti ini merupakan program Angkatan Darat untuk membantu pemerintah daerah dalam rangka pembangunan, terutama daerah terpencil, agar wilayah tersebut dapat berkembang, baik ekonomi serta penduduknya juga bisa lebih maju.

"Karya bakti ini murni dari pemerintah daerah dan mendapatkan dukungan dari komando atas TNI Angkatan Darat dan dilaksanakan 2 tahun sekali, bergantian dengan program TMMD,"jelasnya.
Baca juga: Tanam jagung tanpa olah tanah, hasil panen 12 ton

Pewarta: M. Shohib

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020