Martapura, (Antaranews Kalsel)- Sultan Banjar Khairul Saleh terpilih menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kerapatan raja-sultan Borneo saat Musyawarah Agung Kerapatan Raja - Sultan se-Borneo.

Keterangan pers disampaikan Humas Pemerintah Kabupaten Banjar, Kamis menjelaskan musyawarah agung tersebut berlangsung di Gedung Islamic Center Mutfi Tuan Guru Besar HM Anang Djazouli Seman Martapura Jumat 16 Oktober 2013 lalu.

Dalam musyawarah tersebut juga menghasilkan beberapa pointer penting kesepakatan dalam upaya bersama melestarikan budaya setempat.

"Kami para raja dan sultan yang tergabung dalam Kerapatan Raja- Sultan se-Borneo sepakat memilih Sultan Banjar H Khairul Saleh sebagai Sekretaris Jenderal Kerapatan Raja - Sultan se-Borneo dan memberikan gelar kehormatan kepada beliau dengan sebutan Yang Dipertuan Agung," ungkap Pangeran Ratu Kartanegara Ir H Gusti Kamboja MH saat itu.

Pangeran Ratu Matan Tanjung Pura Ketapang ini menyebutkan, visi utama organisasi Kerapatan Raja - Sultan se-Borneo adalah bersama pemerintah dan masyarakat turut berusaha melestarikan nilai-nilai kesantunan budaya keraton sebagai salah satu cikal-bakal peradaban budaya.

Dalam musyawarah agung kerapatan Raja Sultan se-Borneo juga berhasil merumuskan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga sebagai pijakan organisasi dalam bekerja.

Musyawarah agung digelar berkenaan dengan peringatan milad ke-509 Kesultanan Banjar.

Sementara itu pada peringatan puncak Milad ke 509 Kesultanan Banjar, Mahligai Sultan Adam Martapura berlangsung dengan penuh khidmat.

Sultan H Khairul Saleh mendapat penghargaan khusus berupa Pin dan plakat dari Carla Meeak Eisjma (88) kewarganegaraan Belanda yang memiliki hubungan keluarga dengan Sultan Adam Al Wasiq Billah.

Pin dan plakat yang diberikannya sebagai cinderahati itu konon dari mantan Ratu Belanda Beatrix. Selain itu Carla juga memberikan foto dirinya dan sang kakak bernama Mieke Van de Broek Eijsma kala mudanya.

Menurut Carla Meeak Eijsma yang masih fasih berbahasa Indonesia, kedatangannya ke Martapura bersama dengan Jan, Charlie Kelderman, Bill Thomson, Ger Van Laersum, Evert, Tony Vershoor dan Perrine Philomneen khusus menghadiri prosesi budaya Kesultanan Banjar.

"Saya memberikan ini sebagai bentuk penghargaan kepada Sultan Banjar yang telah melestarikan Budaya Kesultanan Banjar," ujar Carla sambil duduk di kursi rodanya.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013