Salah satu tanggungjawab sosial perusahaan bidang kesehatan PT Pamapersada Nusantara distrik Adaro melaksanakan program Gerakan Sekolah Sehat di Desa Bihara Hilir Kabupaten Balangan.

CSR Manager PT Pamapersada Nusantara Ono Karno mengatakan pihaknya ingin mengajak siswa MTs Al Hidayah Desa Bihara mendukung Gerakan Sekolah Sehat sebagai bagian Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

"Kita sudah melaksanakan program ini sejak 2019 dan Gerakan Sekolah Sehat di Desa Bihara Hilir ini merupakan implementasi program yang berkesinambungan," jelas Ono Karno, Kamis (6/2).

Mengingat Desa Bihara hilir merupakan desa ProKlim binaan Pama Adro ahun 2019 dengan predikat ProKlim Madya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Bahkan UMKM gula semut binaan Pama Aadro ungkap Ono juga sudah berkembang dan bukan tidak mungkin di waktu mendatang Desa Bihara Hilir menjadi setra gula semut/gula aren di Kabupaten Balangan atau bahkan sampai tingkat yang lebih luas.

Ono menambahkan Gerakan Sekolah Sehat ini untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat kepada masyarakat melalui beberapa usaha dan sektor, termasuk melalui pengenalan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Dengan menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan dan Puskesma Awayan gerakan ini diisi sosialisasi terkait ISI PIRINGKU yang membahas pengetahuan asupan dan gizi berimbang serta soal penyakit diare.

Para siswa pun diajak ikuti aksi cuci tangan yang baik dan benar menggunakan sabun. Termasuk pembagian kotak makan “guna ulang” kepada peserta yang dimaksudkan agar siswa dapat membawa bekal dari rumahnya masing - masing.

Dengan harapan mereka bisa memahami kualitas dan menjaga kebersihan serta gizi makanan yang dibawa.

Gerakan Sekolah Sehat sendiri dibuka Sekretaris Dinas Kesehatan Balangan Imam Tarmudi dihadiri Kepala MTs Al-Hidayah H Adul, Sekretaris Desa Bihara Hilir Mushaddeq dan pelaku usaha gula semut serta penggerak proklim Rinawati.

"Kegiatan ini bisa memotivasi kesadaran masyarakat termasuk siswa untuk membudayakan pola hidup sehat dan bersih," jelas Imam

Imam juga menyampaikan apresiasi khusus kepada PT Pamapersada Nusantara distrik Adaro yang secara aktif bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melangsungkan program yang mendukung peningkatan mutu kesehatan masyarakat di Kabupaten Balangan.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020