Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry didampingi Sekretaris Daerah setempat H. Muhammad Noor membuka pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk Kecamatan Sungai Raya, bertempat di aula kecamatan setempat.

Ia mengatakan, musrenbang ini merupakan suatu mekanisme perencanaan dan kelanjutan dari musyawarah desa yang sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu, nantinya akan diusulkan dan didiskusikan pada musrenbang tingkat kabupaten.

"Kami menyambut baik dengan apa yang sudah dilaporkan camat bahwa usulan-usulan masyarakat sebagian telah bisa diakomodir pemerintah desa dengan dana desa," katanya, Kamis (30/1).

Dijelaskan dia, ini merupakan bentuk sinergi antar pemerintah kabupaten dengan pemerintah desa. Dan yang sangat penting, agar proses percepatan pembangunan bisa lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Baca juga: Bupati HSS : Musrenbang wadah bertemunya kebijakan pemerintah dan keinginan masyarakat

Camat Sungai Raya Susilo Adianto, melaporkan bahwa peserta musrenbang ini terdiri dari delegasi masing-masing desa dan kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Sungai Raya, kepala instansi serta forum anak.

Usulan yang disampaikan pada musrenbang ini merupakan rekap dari musrenbang desa yang sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu dan telah dikerucutkan menjadi beberapa hal prioritas, salah satunya meliputi pekerjaan fisik Pekerjaan Umum (PU) seperti sarana pendidikan dan kesehatan.

Menurut dia, beberapa usulan lain yang muncul pada saat rapat di tingkat desa juga sudah dicoba diakomodir melalui APBDes, yang disesuaikan dengan tujuan penggunaannya.

"Semisal terkait pengentasan kemiskinan, sudah beberapa kali di beberapa desa di wilayah Kecamatan Sungai Raya dilaksanakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat,” katanya

Baca juga: Wabup HSS : Musrenbang RKPD kecamatan forum bahas hasil daftar usulan

Tak lupa, ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten yang selama ini sudah banyak memberikan perhatian, dan melaksanakan proyek pembangunan di Kecamatan Sungai Raya.

Sungai Raya merupakan kecamatan ke-4 yang melaksanakan musrenbang, menyusul tiga kecamatan sebelumnya, yakni Kecamatan Angkinang, Kalumpang dan Kandangan.

Turut hadir, Anggota DPRD Dapil I, para asisten, Kepala Bapelitbangda HSS Iwan Friady dan kepala OPD lainnya, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Sungai Raya, lurah, kepala desa, perangkat desa, samping desa, alim ulama dan tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020