Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Iwan Friady, membuka  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021 Tingkat Kecamatan Kalumpang.

Ia mengatakan, Musrenbang RKPD di kecamatan merupakan forum bagi para pemangku kepentingan dalam rangka pembahasan hasil daftar usulan desa, di lingkup kecamatan dan bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa.

Baca juga: Saring aspirasi, Angkinang Musrebang tingkat kecamatan

"Usulan tersebut kemudian diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan, sementara itu prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan mengacu dalam rencana program dalam rancangan RKPD kabupaten," katanya, bertempt di aula kecamatan setempat, Selasa (28/1).

Dijelaskan dia, menjadi sebuah kegembiraan bagi pemimpin itu bisa memenuhi hajat-hajat masyarakat, tetapi jika belum bisa memberikan fasiltas atau layanan untuk masyarakat itu semata-mata karena keterbatasan anggaran yang ada pada pemerintah, juga karena ada skala prioritas dalam pembangunan.

Terkait menjelang pemilu serentak pemilihan gubernur, ia mengajak menjaga kondusifitas dan silahkan masyarakat menyampaikan pilihan-pilhannya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, serta yang harus netral jangan ikut-ikutan,memberikan kebebasan masyarakat untuk berdemokrasi agar memperoleh pemimpin yang terbaik.

Baca juga: Bupati HSS buka Musrenbang RKPD tahun 2020

Camat Kalumpang H. Syamsudin, mengatakan tahapan penjaringan musyawarah telah dilaksanakan saat penyusunan rencana kerja pemerintah desa, sampai dengan musrenbang tingkat kecamatan untuk menyusun usulan-usulan perencanaan yang lebih prioritas.

"Mewakili masyarakat Kalumpang kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah, atas bantuan-bantuan yang di berikan kepada warga kami, seperti BPJS gratis, jaminan hidup, usaha ekonomi produktif, bedah rumah, lansia asuh dan lainnya," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020