Dalam sejarah kepolisian resort Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan dalam kurun 20 tahun terakhir baru kali ini ada pejabat Kapolres yang doyan melakukan Jungaling bahkan mengajak serta jajarannya melakukan hal yang sama.

Hanya AKBP Ahmad Arif Sofiyan yang melakukannya bahkan berkeliling wilayah kecamatan dan desa melakukannya beserta pejabat Polres dan Polsek.

Tapi jangan salah, Jungaling yang dilakukan Kapolres dan jajaran hanyalah akronim dari kata 'Jumatan dan pengajian keliling' yang merupakan salah satu program inovasi di jajaram Polres HSU sejak dipimpin Ahmad Arif Sofiyan.

Program Jungaling dilaksanakan kapolres dan PJU Polres setiap Hari Jum'at bergantian dari satu mesjid ke mesjid lain seiring pelaksanaan ibadah Jum'at.

Pejabat Humas Polres HSU Iptu Alam Saktiswara di Amuntai, Sabtu mengatakan, pada Jum'at kemaren Kapolres beserta sejumlah PJU Polres melaksanakan ibadah Sholat Jum'at di Mesjid Raya Baitul Mukminin Desa Sungai Sandung- Alabio Kecamatan Sungai Pandan.
 
Pejabat Polres turur serta dalam program Jungaling. (net)

"Pada kesempatan suasana Jum'at berkah semacam itu merupakan moment yang baik menjalin silaturrahim dan menyampaikan ajakan menjaga kamtibmas kepada masyarakat, apalagi yang hadir melaksanakan Sholat Jum'at terdiri atas semua usia dan golongan," ujar Alam.

Alam mengatakan, Kapolres mengajak masyarakat untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban, menjaga lingkungan dari peredaran narkoba yang merusak generasi muda.

"Narkoba pada hakekatnya juga menyerang aqidah kita sebagai Kaum Muslimin, karena dengan mengkonsumsi narkoba pikiran dan perasaan kita sudah tidak bisa lagi terkontrol dan menjadi generasi yang lemah mental dan aqidah," kata Alam mengulang amanat Kapolres saat itu.

Melalui program inovasi Jungaling ini, lanjut Alam, sebenarnya masyarakat bisa menyampaikan aspirasi, keluhan, saran dan kritik langsung kepada Kapolres dan PJU Polres yang hadir sehingga menambah kedekatan masyarakat dengan kepolisian.

Namun tidak hanya Kapolres yang melaksanakan Jum'atan keliling, namun juga diikuti pejabat kapolsek disemua kecamatan yang melaksanakan Jungaling di mesjid-mesjid pada wilayah kerja masing-masing.

Selain itu, katanya, melalui program inovasi lainnya, yakni HSU BERGAUL akronim dari kata' Hebat Sigap Untuk bekerja sama dengan Alim Ulama', Kapolres ABKP Ahmad Arif Sofiyan juga rutin mengundang tokoh ulama dan ustadz untuk mengisi pengajian di Mushola Mapolres HSU setiap Kamis sebagai upaya lebih mendekatkan kepolisian dengan alim ulama atau tokoh agama.

Bagi anggota kepolisian yang Non Muslim juga bisa melaksanakan program HSU BERGAUL dengan mengundang tokoh agama masing-masing.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020