Di HST Ada Waterbom

Jumat, 1 November 2013 8:38 WIB

Barabai, (Antaranews Kalsel) - Destinasi  Wisata di Kabupaten Hulu Sungai Tengah makin bertambah dengan peran pihak swasta antara lain Waterbom di Hantakan dan Outbound di Wake, Batu Benawa.

Kepala Disporabudpar HST Hasbi di Kantornya, Jumat, mengungkapkan perkembangan pariwisata di Kabupaten HST ini menggembirakan ditandai dengan makin bertambahnya kunjungan wisatawan baik dari lokal hingga dari luar negeri.

Rata-rata para wisatawan mengaku tertarik dengan keindahan alam, keragaman budaya, keramah tamahan warga Bumi Murakata, dengan bertambahnya wisatawan tersebut mampu mendongkrak pendapatan dan kesejahteraan warga sekitar lokasi wisata.

"Setiap tahun kita mendapatkan kunjungan dari wisatawan  luar negeri  antaralain dari Jerman dan Austria, mereka mengenal Kabupaten HST melalui jejaring sosial dan saat ini pariwisata kita telah didukung dengan berdirinya hotel berbintang satu Madani yang persis berada di tengah-tengah kota Barabai,"ujarnya.

Keterlibatan pihak swasta untuk ikut menyukseskan pariwisata di Kabupaten HST tak terlepas dari sosialisasi sadar wisata, yang tak lain untuk menciptakan keadaan yang ideal di tengah-tengah masyarakat untuk penerapan sapta pesona yang meliputi tujuh unsur produksi pariwisata yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan.

Dijelaskannya potensi wisata di Kabupaten HST meliputi seluruh kecamatan antara lain Kecamatan Haruyan dengan menyanggar banua (upacara adat), obyek wisata lok laga, Panorama alam "Tegar Menanti" Haruyan Seberang dan Desa Wisata Barikin.

Untuk Kecamatan Batu Benawa meliputi taman wisata Batu Benawa, Goa Liang Hadangan di Murung A, Kecamatan Hantakan meliputi Air terjun di Pantai Mangkiling, Panorama Alam Patikalain dan Bangkaun, Sumber Air Panas, Waterbomb, Panjat Tebing di Pasting dan Wisata Manggasang.

Kecamatan Batang Alai Selatan dengan wisata Sejarah Perjuangan Tentara ALRI Divisi IV, Labuan Amas Selatan dengan Wisata Religi Kuburan Wali Katum di Tabu Darat, Wisata Belanja Kopiah Haji, Labuan Amas Utara dengan Obyek Wisata Kerbau Rawa dan Wisata Religius Ponpes Ibnul Amin Pemangkih.

Tak kalah menariknya dengan Kecamatan Batang Alai Timur yang salah satu desanya yaitu Hinas Kiri merupakan Desa PNPM Pariwisata didukung sembilan tempat penginapan yang dibina PNPM.

Penginapan tersebut memudahkan wisata untuk mengunjungi obyek wisata alam terbaik seperti air terjun minik pelajau, gunung halau-halau, sumber air panas dan panjat tebing Tandilang dan Nateh serta Gua Kukup dan Goa Berangin di Nateh.

Ditambahkannya pariwisata HST merupakan salah satu sektor andalah Kabupaten HST yang dapat memberikan efek langsung masyarakat, dengan asumsi semakin banyak orang berkunjung ke Hulu Sungai Tengah, semakin banyak juga orang yang membelanjakan uangnya di wilayah HST sehingga secara perlahan tapi pasti pendapat masyarakat akan meningkat.

Pewarta: Fathurahman

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013

Terkait
Terpopuler