Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan evaluasi pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjend H Hasan Basry Kandangan berupa kunjungan dan Inspeksi Mendadak (Sidak).

Anggota Komisi I DPRD HSS Yusperi, di Kandangan, Senin (23/12), mengatakan kegiatan ini juga dalam rangka untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya wabah penyakit yang biasa timbul di musim Pancaroba seperti saat ini.

"Kami mengutamakan menyidak rumah sakit dengan melihat langsung pelayanannya, sebab saat ini sudah masa Pancaroba, dan sudah ada indikasi masyarakat terkena penyakit musiman seperti Demam Berdarah Dengue (DBD)," katanya, saat berkeliling bersama anggota komisi lainnya.

Dijelaskan dan, sudah ada pasien DBD dan akan datang bisa bertambah banyak, jadi pihaknya ingin melihat antisipasi yang disiapkan rumah sakit, dan mengharapkan memang mengharapkan tidak ada warga yang terkena DBD, namun yang namanya penyakit musiman hal tersebut tak dihindari sering terjadi.

Baca juga: Bupati HSS launching Whistle Blowing System RSUD Kandangan

Pihaknya juga memastikan agar jangan sampai ada masyarakat yang tidak terlayani bahkan ditolak, akibat banyaknya pasien yang datang nantinya. Dan sempat menanyai beberapa pasien di sana, dan beberapa warga dan pasien telah menyatakan telah mendapatkan pelayanannya yang sangat memuaskan.

Selain itu, juga disampaikan catatan dari Komisi I yang memuat mengenai kebersihan perlu ditingkatkan, fasilitas sarana kebersihan seperti bak sampah dan sapu di ruangan disediakan.

"Karena ini penunjang yang sangat diharapkan di tiap ruangan, agar para pasien dan termasuk keluarganya tidak membuang sampah sembarangan," katanya.

Komisi I DPRD HSS Yopie Alfiani, mengatakan secara umum dari kesimpulan hasil sidak yang dilakukan, pelayanan RSUD dinilai telah baik dan memuaskan dalam penanganan pasien.

Menurut dia, agar pihak RSUD dapat memenuhi apa yang menjadi masukan dari Komisi I, selain itu agar RSUD terus memberikan pelayanan maksimal pada masyarakat serta setiap pasien tertangani dengan cepat dan tepat.

Baca juga: DPRD HSS setujui penyediaan dana cadangan Pilkada 2023

Rombongan Komisi I DPRD HSS berkeliling RSUD memeriksa ruangan mulai dari Unit Gawat Darurat (UGD), ruang rawat inap penyakit dalam kelas III, dan instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL).

Direktur RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan Hj Rasyidah, mengucapkan terimakasih kepada Komisi I DPRD HSS atas kunjungannya selaku mitra kerja, dan kegiatan juga ini merupakan bentuk perhatian DPRD HSS.

“Alhamdulillah pelayanan kami dinilai memuaskan, ketenagaan kami sudah cukup, lalu sarana dan prasarana berkaitan dengan anggaran yang terbatas kami akan berusaha mencari dana," katanya. 

Ditambahkan dia, ke depan pihaknya mengharapkan bisa mencari dana walaupun APBD terbatas, dan mudah-mudahan dari dana pusat maupun provinsi masih bisa mendukung dan membantu untuk mengantisipasi segala kekurangan yang ada.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019