Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H A Chairansyah didampingi Ketua TP PKK HST beserta Forkopimda dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Hultikultura Provinsi Kalsel melakukan panen padi Gogo di lahan pertanian Gapoktan Mitra Tani Desa Tabat Padang, Kecamatan Haruyan, Selasa (3/12).

"Panen Padi Gogo tersebut atas keberhasilan Tim Area yang melakukan uji coba melalui teknologi, sehingga dapat menghasilkan varietas padi Gogo yang semestinya ditanam di lahan pegunungan (kering), ternyata berhasil juga dikembangkan di lahan bawah (basah) dan dapat menghasilkan yang memuaskan bagi masyarakat petani," kata Plt kepala Dinas Pertanian HST, Ir Misradi.

Menurutnya, Tim Area ini melaksanakan kegiatan tanam varietas padi seluas kurang lebih 100 hektar yang sepenuhnya dibiayai melalui APBD provinsi Kalsel dan ternyata membuahkan hasil membanggakan dan bisa dibuktikan pada hari ini.

Bupati HST, H A Chairansyah mengapresiasi kegiatan panen padi tersebut, sebagai bentuk inovasi dalam mengembangkan pertanian di Kabupaten HST.

Kepada seluruh petani beliau berpesan, dengan adanya penemuan tersebut berguna untuk lebih termotivasi dalam mengelola lahan pertanian, sehingga produksi pertanian lebih meningkat yang pada akhirnya para petani lebih sejahtera.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor yang diwakili Sekretaris Dinas Ketahan Pangan dan Hultikultura Ir Herlian Noor menyampaikan, sektor pertanian Kalsel layak diunggulkan, produksi terus meningkat mencapai 2,4 juta ton lebih tertinggi di regional kalimantan, oleh karena itu petani tidak boleh ragu karena Pemprov dan Pemkab mendukung secara penuh.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019