Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Banjarbaru Ririen Nadjmi Adhani menyemangati kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang aktif menjalankan tugas di wilayah masing-masing. 

"Kami mengapresiasi kinerja kader Posyandu dan berharap semuanya semangat melayani masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan," ujarnya di Kecamatan Landasan Ulin Banjarbaru, Sabtu.

Pernyataan itu disampaikan Ririem saat menghadiri pertemuan Forum Posyandu Ceria se Kecamatan Landasan Ulin di Posyandu Benawa Raya, Komplek Benawa Raya Jalan Mekkah Kelurahan Guntung Manggis.

Baca juga: PKK maksimalkan peran Posyandu turunkan kematian ibu dan anak

Ia mengatakan, salah satu bentuk perhatian terhadap kader posyandu adalah pemberian uang kunjungan rumah bagi serta penyerahan kain seragam sasirangan untuk kader posyandu di Landasan Ulin.

"Uang kunjungan rumah bagi kader posyandu memang kecil namun kami berharap menjadi penyemangat bagi kader posyandu agar bisa lebih giat lagi melayani kesehatan bagi ibu hamil, balita dan lansia," ucapnya. 

Ketua TP PKK Kecamatan Landasan Ulin Fitrah Subhan mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan adalah pertemuan rutin Forum Posyandu Ceria se Kecamatan Landasan Ulin yang diikuti PKK kelurahan. 

Baca juga: Posyandu Harapan Masa 3 Baluti wakili HSS lomba tingkat provinsi

"Kami berharap seluruh kader posyandu dapat melayani kesehatan bagi ibu hamil, balita dan lansia serta ikut mencegah stunting, dan juga menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan kematian bayi," ujarnya. 

Selain itu, kader posyandu juga diminta menyampaikan pentingnya pemeriksaan IVA test mencegah atau mengurangi morbiditas dari penyakit terutama kelainan pada leher rahim.

Baca juga: Posyandu pakai jurus KMS WUS tekan stunting

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019