Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menyatakan, realisasi pembangunan fisik untuk serapan Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) 2019 hingga kini sudah mencapai 90 persen.

Menurut dia di Banjarmasin, Senin, untuk penyerapan anggaran pada 2019 sudah dilakukan evaluasi yang dipimpin langsung Wakil Wali Kota Banjarmasin H Hermansyah bersama semua instansi pemerintah kota.

"Jadi ada dua yang dievaluasi, realisasi fisik dan realisasi keuangan," ujarnya.

Menurut Ibnu Sina, untuk realisasi fisik pada APBD 2019 sebenarnya sudah mencapai 90 persen, namun realisasi keuangan masih di bawah 50 persen.

"Karena realisasi fisik sudah 90 persen, itu kan terkait pembayaran aja lagi yang teetunda, jadi rekan-rekan kontraktor agar secepatnya mengambil dananya," ucap Ibnu Sina.
Baca juga: Pertemuan Walikota dan UPSI diwarnai kelakar Banjar

Sehingga dia meyakini, serapan anggaran akan bisa lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yakni, dikisaran lebih 90 persen.

Sebagaimana disebutkan Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Banjarmasin Subhan Nor Yaumil, bahwa rancangan belanja pada APBD 2019 mencapai Rp2 triliun.

Di mana hingga kini yang terdata di instansinya atau keluar anggaran belum mencapai 50 persennya, hingga pihaknya mengimbau semua instansi untuk merealisasikan anggaran dengan maksimal.
Baca juga: Ibnu Sina terkesan pabrik obat herbal teck aun
"Kita selalu mengingatkan semua instansi untuk serapan anggaran dengan maksimal, kita yakin ini akan terealisasi lebih baik dari tahun depan," pungkasnya.



 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019