Walikota Banjarmasin saat kunjungan tiga hari ke Malaysia menyempatkan diri  melihat proses pengolahan obat-obatan herbal yang ada di kota Penang.

Pabrik obat herbal yang dikunjungi walikota Ibnu Sina  dimaksud adalah kilang teck aun, atau teck aun medical factory sdn.bnd, yaitu mengolah tumbuh2an menjadi obat.

Wali Kota yang datang bersama beberapa kepala SKPD tersebut disambut hangat oleh manajemen perusahaan obat herbal yang cukup tua di kota di negeri jiran itu.

Ibsu Sina yang juga didampingi Siti Wasilah tersebut oleh pimpinan perusahaan Oon Chee Hong diajak keliling pabrik, dari bilik yang satu ke bilik yang lain, sebagai proses pengolahan  obat hebal tersebut.

Di bilik laboratorium walikota memperoleh penjelasan oleh petugasnya mengenai tanaman yng digunakan dan nilai kandungan yg dimanfaatkan hingga mampu menyehatkan.

Ibnu Sina terkesan pengolahan obat herbal dan disebutkan pabrik ini bisa menjadi inspirasi bagi warga banua untuk memanfaatkan tanaman menjadi obat-obatan sehingga bukan saja menyehatkan tapi juga memberikan nilai ekonomi.

Dalam kesempatan itu, Ibnu Sina memberikan barang cendramata kepada pimpinan perusahaan berupa sejumlah potong kayu bajakah, yang dipercaya bisa menjadi obat herbal untuk menyembuhkan penyakit kanker.

Sementara pihak perusahaan memberikan kenang-kenangan serta oleh oleh kepada seluruh rombongan dari Banjarmasin sekitar 25 orang tersebut berupa enam jenis produk obat herbal buatan pabrik tersebut.

Pertemuan tersebut atas prakarsa pengusaha obat obatan di Banjarmasin pak Dristi Prajnavirja, turut hadir pimpinan perusahaan adalah Oon Khong Wei dan Oon Kee Woong

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019