Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry kembali menyerahkan dana Bantuan Bertujuan Lanjut Usia (Bantu LU) dan Perawatan Sosial (Home) untuk 43 warga penerima program bantuan di wilayah Kecamatan Kandangan.

Ia mengatakan, agar lansia penerima bantuan ini bisa menghemat uang yang diterima utamanya bagi lansia yang masih bisa bekerja, caranya bisa dengan membeli ayam atau itik untuk diternakkan.

"Saya berharap para Lansia kalau sakit berobat, baik itu ke Puskesmas maupun rumah sakit, karena sudah menjadi tanggungan BPJS Semesta, tidak usah bayar," katanya, bertempat di Desa Gambah Dalam Barat, Jum’at (18/10).

Baca juga: Mujiharjo : Terima kasih Bupati HSS atas perhatiannya untuk Lansia HSS

Selain itu, ia juga meminta agar para lansia untuk hadir berkumpul mengikuti majelis pengajian baik di langgar maupun di Masjid, untuk persiapan di akhirat kelak dan ini sejalan dengan visi misi Kabupaten HSS untuk wujudkan masyarakat sejahtera dunia akhirat.

Sekretaris Camat Kandangan Miftahul Ulum, melaporkan bahwa jumlah penerima program Bantu Lu di Kecamatan Kandangan sebanyak 32 orang, sedangkan untuk home care sebanyak 11 orang.

Dijelaskan dia, Bantu Lu merupakan bantuan yang diberikan kepada lansia miskin di dalam rumah tangga miskin non keluarga dari Kementrian Sosial dalam bentuk transfer tunai.

"Sedangkan Home Care (perawatan sosial) adalah bantuan yang diberikan kepada lansia miskin dalam bentuk non tunai melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS)," katanya.

Baca juga: 44 warga Kecamatan Padang Batung terima program bantuan

Bupati HSS didampingi Kepala Dinas Sosial HSS Hj. Siti Erma seperti di beberapa tempat sebelumnya saat menyerahkan bantuan mengajak dialog langsung para lansia penerima bantuan.

Adapun seputar pertanyaan tentang kondisi kehidupan sehari-hari, karena Bupati HSS ingin memastikan para lansia ini terlayani dengan baik dari sisi layanan publik, kesehatan dan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019