Setelah kemarin menyerahkan Program Bantuan Lanjut Usia (Bantu LU) dan Program Home Care (Perawatan Sosial) di tiga Kecamatan Daha, kembali Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyerahkan program bantuan serupa di Desa Karang Jawa, Kecamatan Padang Batung.

Sekretaris Camat Batung Kartika Adriyani, di Karang Jawa, Rabu (16/10), mengatakan penerima Bantu LU sebanyak 44 orang, yang tersebar di 17 desa se Kecamatan Padang Batung, sementara penerima Homecare sebanyak 26 orang di 11 desa se Kecamatan Padang Batung.

"Kegiatan penyerahan program bantuan ini juga diisi dengan tausiyah dari Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Padang Batung Ustadz H. Salman Alfarisi," katanya.

Penyerahan program bantuan pemerintah di Kecamatan Padang Batung (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Bupati HSS kembali serahkan program bantuan lansia

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan ini kecamatan ketujuh yang diberikan bantuan program Bantu LU dan program Homecare, dan ia bersyukur bisa bertatap muka dengan para lanjut usia.

Menurut dia, para lansia agar memanfaatkan dana bantuan untuk kehidupan sehari-hari, dan adanya program pelayanan puskesmas keliling merupakan cara melindungi lansia yang tidak bisa pergi langsung ke puskesmas.

Adapun Lansia yang dibantu pemerintah merupakan lansia yang tidak mampu agar bisa menikmati kegembiraan, dan orang tua yang sudah lanjut usia merupakan tanggung jawab anak.

Kemudian apabila anak juga tidak mampu, baru tetangga yang menjaga, bila tetangga di lingkungan tidak bisa juga, maka lansia menjadi tanggung jawab pemerintah.

Penyerahan program bantuan pemerintah di Kecamatan Padang Batung (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Puluhan warga di wilayah Daha terima bantuan

"Jangan sampai ada di lingkungan kita, ada orang yang miskin lanjut usia tidak terlayani kebutuhan sehari-harinya, karena ketidakmampuannya," katanya, saat memberikan sambutan.

Penerima program Bantu LU Jumbritatun, mengatakan sebelumnya sudah mendapat bantuan dari pemerintah seperti  rumah dan beras, ia sangat berterimakasih karena dengan bantuan yang selalu diberikan pemerintah dapat membantu serta meringankan beban hidup sehari-hari.

Turut hadir, Kepala Dinas Sosial HSS Siti Erma, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Padang Batung, potensi sosial, TKSK, Tagana, ketua TP  PKK Kecamatan Padang Batung beserta anggota, para penerima bantuan dan undangan lainnya.

Penyerahan program bantuan pemerintah di Kecamatan Padang Batung (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019