Sebagai upaya pemerintah Kabupaten menjadikan kawasan pertanian Cabai Hiyung menjadi kawasan ekowisata pertanian, Dinas Perikanan Kabupaten Tapin memberikan bantuan kolam ikan sebanyak 7 buah.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tapin, Bastian di Rantau mengatakan, pihaknya akan membuatkan 7 kolam ikan gabus dan pondok pertemuan di Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah.

"Untuk kolam, 6 buah dengan ukuan masing-masing 3x170 meter dan satu buah kolam lagi ukuran 12x80 meter, dan untuk kedalaman masing-masing 2 meter," ujarnya.

Selain kolam ikan, Dinas perikanan juga akan membangunkan pondok yang bisa dimanfaatkan untuk pertemuan dengan ukuran 6x6 meter.

"Kita ingin bantuan ini bisa benar-benar dimanfaatkan khususnya untuk kelompok kepemudaan atau karang taruna agar memeiliki usaha tambahan dan mandiri," ujarnya.

Sementara itu, Sekertaris Desa Hiyung, Junaidi mengatakan dengan adanya bantuan dari Pemerintah ini tentu akan lebih menarik bagi wisatawan yang datang.

"Dengan adanya bantuan ini, wisatawan yang datang kesini tidak hanya untuk melihat kebun cabai Hiyung saja, tapi bisa menikmati kuliner dari sini dengan bahan dasar ikan gabus dengan pemandangan hamparan kebun cabai Hiyung," ujarnya.

Selain itu, tentu dengan adanya bantuan ini bisa menambah pemasukan bagi BUMDes Desa Hiyung sendiri, sehingga kedepan desa ini bisa menjadi desa yang mandiri.





 

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019