Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry didampingi Kepala Dinas Sosial HSS Hj. Siti Erma dan Camat Kalumpang Syamsudin menyerahkan bantuan Lanjut Usia (Bantu Lu) dan Program Home Care (Perawatan Sosial), bertempat di Desa Tambingkar, Kecamatan Kalumpang.

Ia mengatakan, sangat senang karena bisa bertemu langsung dengan Lansia yang ada di Kecamatan Kalumpang, juga menegaskan bahwa kepedulian terhadap orang tua adalah tanggung jawab seorang anak.

"Selain itu, apabila tidak ada keluarganya maka itu adalah tanggung jawab lingkungannya, apabila lingkungannya juga tidak bisa maka itu adalah tanggung jawab pemerintah," katanya, saat penyerahan bantuan, Jum'at (4/10).

Sambutan Bupati HSS H Achmad Fikry (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Bupati HSS terima penghargaan Tokoh Nasional Peduli Lansia

Dijelaskan dia, bantuan yang sudah diberikan untuk enam bulan kedepan agar bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, dan juga bantuan dari Kementrian Sosial ini akan tetap terus berlanjut.

Disamping program-program dari pemerintah daerah yang sudah banyak dirasakan manfaatnya terutama bagi lansia seperti BPJS semesta, yang mana asalkan mempunyai KTP HSS walaupun tidak punya kartu BPJS akan tetap dilayani karena sudah dilindungi oleh BPJS semesta.

Camat Kalumpang Syamsudin, mengatakan atas nama masyarakat Kecamatan Kalumpang mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan yang sudah diberikan.

"Kami bersyukur atas kehadiran dan kunjungan Bapak Bupati HSS ke Desa Tambingkar ini, beliau ini sangat sayang dan sangat perhatian dengan orang-orang tua lanjut usia ini," katanya.

Penyerahan bantuan untuk untuk lansia Kecamatan Kalumpang
(Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: 150 pejabat Pemkab HSS akan ikuti program asuh lansia

Diinformasikan, jumlah penerima Bantu Lu di Kabupaten HSS sebanyak 240 orang, dengan besaran dana Rp200 ribu perbulan yang dibayarkan selama dua tahap.

Tahap pertama dibayarkan sebanyak enam bulan dengan jumlah dana Rp1,2 juta, sementara Program Home Care jumlah penerima di Kabupaten HSS sebanyak 100 orang, dengan besaran dana Rp1,2 juta perlansia

Turut berhadir dalam kegiatan ini alim ulama, ketua Yayasan Ibnu Said Taniran Kubah, pimpinan Bank BNI Cabang Barabai, para kepala desa, lansia dan masyarakat sekitar.

Penyerahan bantuan untuk untuk lansia Kecamatan Kalumpang
(Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019