Qori  dan qoriah Kabupaten Banjar mengikuti Training Center menjelang Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) XXXII tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Kotabaru pada 2 - 9 November 2019.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Jeddah Asrama Haji Banjarmasin dibuka Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur selaku Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Banjar, Kamis.

"Kami minta seluruh qori dan qoriah serius mengikuti TC sehingga dapat tampil maksimal pada kegiatan yang sesungguhnya," ujar wabup di depan 50 kafilah yang mengikuti kegiatan sejak 3 - 7 Oktober 2019.

Baca juga: Qori muda asal Bima Juara MTQ Internasional di Turki

Menurut dia, pemusatan latihan ini sangat penting guna meningkatkan mutu dan kualitas seni baca dan pemahaman Alquran bagi qori-qoriah sehingga lebih siap saat berlaga pada MTQ tingkat Kalsel.

"Kami minta qori dan qoriah lebih fokus, tingkatkan rasa percaya diri, dan bekali disiplin tinggi karena TC ini sangat penting mematangkan persiapan sebelum diberangkatkan ke Kotabaru," ujarnya. 

Ia berharap kafilah yang mewakili Banjar bisa menjadi juara umum dan mengharumkan nama daerah, karena dari beberapa event, nilainya bagus sehingga disayangankan jika tidak juara umum.

Baca juga: Bupati serahkan bonus qori-qoriah juara MTQ Tabalong

"Kami mengimbau agar kafilah yang mengikuti TC berlatih dengan serius, jaga kesehatan menjelang satu bulan lagi MTQ di Kotabaru sehingga tetap sehat dan mengikuti berbagai lomba yang disiapkan panitia," kata Saidi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Banjar Izzuddin mengatakan, tujuan TC adalah mengevaluasi dan bahan informasi, bagaimana latihan yang baik, qori-qoriah berlatih secara mandiri maupun dilatih khusus.

"Diharapkan qori-qoriah terus belajar agar bisa maju ke tingkat nasional, dan harus latihan rutin tapi ketika mereka tidak latihan dan belajar mereka tidak mengetahui dimana kelemahannya," kata dia.

Baca juga: Banjarmasin kirim 55 qori/qoriah MTQ provinsi
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019