Segenap aparatur pemerintah daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan memperbaharui komitmen bersama untuk menjaga pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari membacakan ikrar kesetiaan kepada Pancasila pada upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila di halaman Pemda HSU, senin.
 
Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari membacakan Ikrar kesetiaan kepada Pancasila. (Eddy Abdillah)

Peringatam Hari Kesaktian Pancasila memiliki latar belakang peristiwa pemberontakan G30 S/PKI masih mewariskan suasana berkabung nasional setiap 1 Oktober.

Sejumlah jenderal TNI wafat dalam membela Pancasila dari rongrongan ideologi Komunis yang diusung Partai Komunis Indonesia (PKI),

PKI melakukan upaya pemberontakan dengan menculik dan membunuh sebanyak tujuh orang jenderal TNI di lokasi lobamg buaya Jakarta pada 1965.
 
Bupati HSU H Abdul Wahid HK pimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ke 58. (Eddy Abdillah)

Upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun ini mengusung tema "Pancasila sebagai dasar penguat karakter bangsa menuju Indonesia maju dan Bahagia" dimana bertindak sebagai inspektur upacara  Bupati HSU H. Abdul Wahid HK.

Upacara berlangsung hikmat diikuti para ASN, anggota kepolisian, prajurit TNI, para pelajar dan tokoh masyarakat.
 
. (Eddy Abdillah)

Pada hari itu bendera setengah tiang dikibarkan di semua kantor pemerintah, lembaga.pendidikan dan perusahaan swasta dari tanggal 30 September hingga 01 Oktober sebagai wujud berkabung nasional.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019